TP PKK Balikpapan Gelar Pesantren Ramadan, Perdalam Ilmu Agama

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah ini banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan dianjurkan memperbanyak ibadah, hal ini dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Kekuarga (TP-PKK) Kota Balikpapan yang melaksanakan kegiatan pembukaan pesantren ramadan, di Aula Rumjab Wali Kota, pada Sabtu (23/4/2022).

Hadir dalam kegiaran tersebut, Plt Kepala DP2AKB Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi yang mewakili Wali Kota Balikpapan, hadir juga Ketua III TP PKK Balikpapan Yulianti Abdulloh, Ketua Baznas Sarjono.

Dalam sambutannya Hasbullah Helmi mengingatkan bagi umat muslim bulan suci ramadan mementum yang baik untuk lebih memperdalam ilmu agama, serta lebih mendekatkan diri kepada allah swt, agar setelah ini menjadi insan yang lebih baik dan bertaqwa.

“Oleh karena itu saya berharap pesantren Ramadan ini dapat diikuti dengan baik, sehingga selesai dari sini ada hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik, saya berpesan untuk tetap rajin bersekolah menimba ilmu untuk menjadi bekal sebagai generasi penerus pembangunan dimasa mendatang,” ujar Hasbullah Helmi saat membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan. 

Lanjut Helmi yang juga Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan ini menambahkan, apalagi sekarang sekolah-sekolah di Balikpapan sudah bisa melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen, sehingga diharapkan bisa meningkatkan semangat dalam menuntut ilmu.

“Dan jangan berkecil hati dengan kondisi sulit yang dihadapi saat ini, karena allah swt akan menolong umatnya yang berusaha, apabila sudah berkehendak, bukan tidak mungkin kedepan ketika kita besar menjadi sukses sebagai pengusaha bahkan hingga jadi walikota, presiden yang akan membawa bangsa ini menjadi lebih besar,” harapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Pesantren Ramadan, Andi Noor Hasanah mengatakan, kegiatan pesantren ramadan yang dilaksanakan hari ini merupakan gagasan dari PKK Balikpapan terutama Pokja 1 bekerja sama dengan Baznas Balikpapan, yang mana menjadi agenda tetap dari Pokja 1 yang tertera dalam 10 program PKK yakni pengamalan pancasila sebagai dasar penyelenggara kegiatan. 

Baca juga ini :  Dari Total Rp 1,8 Triliun Pedapatan Balikpapan, Kehilangan Rp 637 Miliar

“Dengan kegiatan pesantren ramadan ini diharapkan mampu mencetak generasi islami agar dapat meningkatkan pemahaman agama serta keimanan umat kepada allah swt,” harapnya. 

Adapun para peserta hari ini berjumlah 102 orang yang merupakan anak-anak perwakilan dari 6 kecamatan dan 34 kelurahan yang ada di Balikpapan, dimana masing masing mengirimkan 3 orang yang kisaran usianya 13-14 tahun. Serta akan digelar dua hari sejak Sabtu dan minggu dari pukul 08.00-17.00 wita. 

“Selama dua hari para santri akan menerima berbagai ilmu baik ilmu pengetahuan agama, maupun mengenal  sejarah kebudayaan islam, dan dibekali aqidah akhlak, peran anak dalam keluarga, materi menggunakan media sosial secara baik, bahaya narkoba,” akunya. 

“Nantinya seluruh materi disampaikan oleh pemateri yang sangat kompoten dibidangnya,” tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah bingkisan kepada para peserta pesantren ramadan yang diberikan Baznas Balikpapan bekerja sama dengan TP PKK Kota Balikpapan. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.