Tumpukan sampah di Pantai Dusit Balikpapan

Tumpukkan Sampah di Pantai Dusit Balikpapan di Bersihkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Lingkungan Hidup bersama Kecamatan Balikpapan, Relawan dan masyarakat sekitar pesisir pantai Dusit, Kelurahan Damai, Balikpapan Kota melakukan gotong royong pembersihan sampai laut di pinggir Pantai Dusit, Minggu (25/09/2022).

Pemkot Balikpapan mengajak masyarakat untuk aktif menjaga dan melakukan bersih-bersih pantai. Pantai Balikpapan kerap tercemar dari sampah yang dibuang sembarang oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Di kawasan pantai Dusit ini, pemerintah pusat telah menata sisi muara DAS Ampal yang berada di sekitar area BSB. Selanjutnya juga sudah dilakukan pembangunan area beton pemecah ombak di kawasan belakang Pantai Dusit.

Pembersihan pantai ini awalnya menggunakan alat seadanya didukung 4 unit kendaraan pengangkut sampah, 70 petugas DLH, Kelurahan, Kecamatan, puluhan masyarakat sekitar sampah dan relawan garuda, rescue, dan LPM.

Camat Balikpapan Kota Rosin mengatakan, karena sampah tumpukan yang menggunung terpaksa harus menggunakan alat berat untuk bisa membersihkan sampah.

“Kerja bakti gabungan ya,ada bantuan dari DLH, Relawan Garuda, dari kelurahan , kecamatan, masyarakat sekitar, LPM, Rescue,” ujar Rosin didampingi Sekretaris DLH Balikpapan Nursyamsiarni De Larose, Minggu (25/09/2022).

Menjelang siang, satu unit alat berat datang membantu proses pengangkatan dan selanjut dibuang ke TPA Manggar.

“Kita juga perlu bantuan alat dari OPD terkait sampah yang masih belum diangkat sangat banyak,”katanya.

Bersih-bersih tersebut juga sekaligus untuk membangun kesadaran masyarakat sekitar pentingnya menjaga kebersihan. Mengingat wilayahnya pesisir.

“Intinya kita ingin daerah sini bersih dan membantu membangun kesadaran bagi waega sekitar pentingnya kebersihan,” katanya.

Kata dia, tumpukan sampah tersebut, bukan hanya sampah yang dibuang masyarakat, tapi juga sampah yang dibawa akibat gelombang dan angin Selatan yang terjadi.

“Apalagi kemarin angin selatan yang membawa sampah dan tersangkuit di lokasi ini. Mudah-mudahan wilayah sini bisa bersih, tumpukan sampah,” tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.