Wali Kota Rahmad Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Pemerintah kota Balikpapan bersama bersama stakeholder terkait ambil bagian dalam upacara peringatan Pancasila yang digelar di lapangan kantor Pemkot Balikpapan, Kamis (1/6/2023).

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Wali Kota Balikpapan H.Rahmad Mas’ud.

 Dalam sambutan wali kota membacakan sambutan presiden RI, Rahmad mengatakan pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila. Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. “Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, ” katanya.

Lanjut Rahmad, melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang.

Diakhir sambutan, wali kota Balikpapan juga menyinggung soal pesta Demokrasi lima tahunan. “Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tandanya.

Seperti diketahui, dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, pemerintah kota Balikpapan telah mengeluarkan surat edaran kepada instansi pemerintah/ kantor OPD/instansi vertikal/BUMN, sekolah, kantor swasta termasuk rumah -rumah agar memasang bendera merah putih. Surat edaran ini merujuk pada surat Sekretaris Kemendagri yang didalamnya terkait gerakan pembagian bendera merah putih tertanggal 7 April 2023.

Baca juga ini :  Lebaran, Pemain Persiba Diberi Libur Sepekan

Selain itu adanya surat edaran Kepala Badan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 tanggal 03 Mei 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. 

Wal kota diakhir kegiatan peringatan Hari Pancasila membagi-bagikan bendera merah putih kepada pelintas di depan kantor pemkot jalan Jenderal Sudirman.

 

 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.