Produk UMKM / ilustrasi

150 Pelaku UMKM Balikpapan Ikuti JNE Goll, Aborasi Bisnis Online

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – ‘Sebanyak 150 pelaku UMKM di Kota Balikpapan mengikuti webiner JNE Goll.. Aborasi Bisnis Online pada Jumat (05/08/2022).

“Kini saat yang tepat untuk bangkit dan berkolaborasi bersama JNE,” ujar Adityo Putranto selaku Branch Manager JNE Balikpapan dalam siaran persnya.

“JNE siap memberikan solusi bagi UMKM untuk mencapai industri 4.0. Tidak sekedar mengakomodasi perpindahan barang, kami juga berupaya untuk memberikan layanan terpadu,”

Sejak pandemi melanda, Riswah Yuni selaku Owner & Founder SalaKilo menilai pegiat bisnis perlu memproduksi produk yang relevan bagi calon pelanggan.

“Di kondisi COVID-19 seperti ini penting bagaimana kita menghadapi tantangan sebagai peluang, kita harus membuat produk yang relevan dan dibutuhkan masyarakat. Misalnya pebisnis yang tadinya memproduksi hijab beralih jadi produksi masker.”, ujarnya.

Selain itu, Ia memberikan tips bagi UMKM untuk mampu mengoptimalisasi penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran

“Agar banyak dicari orang, sebaiknya membuat produk yang memiliki keunikan atau unique selling point-nya sendiri,” ujarnya

“Misalnya keripik salak SalaKilo yang didiversifikasi menjadi dodol, minuman, tanpa menggunakan bahan berbahaya dan bersertifikat halal,”

Sementara Nurul Ahdaniah selaku Owner Bungas Wedang Dayak, menuturkan, pemilik bisnis harus bisa menjelaskan produk dengan lengkap. Termasuk dalam kemasan.

 “Dalam bermedia sosial, pemilik bisnis perlu menjelaskan manfaat produk dengan lengkap. Hal ini juga perlu dijelaskan dalam kemasan,” ujarnya

Mendukung kegiatan UMKM setempat, Adityo Putranto selaku Branch Manager JNE menyatakan . JNE selalu memikirkan program apa yang bisa membantu UMKM.

“Selama ini kami mengadakan program seperti Goll..Aborasi Ngajak Online, dan banyak layanan lainnya seperti foto produk gratis untuk UMKM,” ujarnya

 Selain itu, Adityo menyatakan JNE juga membuka pintu kolaborasi bagi UMKM, seperti membantu mempromosikan UMKM lokal. Tak hanya itu saja, JNE juga menyediakan layanan gratis ongkos kirim, potongan ongkos kirim, serta JLC (JNE Loyalty Card).

Baca juga ini :  Bea Cukai dan Kepolisian Gagalkan Rencana Ekspor 81.040 Liter Minyak Goreng ke Timor Leste

“Menggandeng Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian, UMKM yang disaring akan kami berikan kartu JLC yang bisa memberikan potongan ongkos kirim 10 persen,” ujarnya.

“JLC merupakan program kesetiaan pelanggan yang menyediakan berbagai macam hadiah seperti elektronik, logam mulia, jalan keluar negeri, dan umroh.”, tutupnya.’

Sebagai informasi, Balikpapan merupakan kota ke-33 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.

Setelah Kota Balikpapan, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Padang pada 9 Agustus 2022.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.