Home / iniFLASH / 2018 Hasil Evaluasi KLHK Kualitas Udara Balikpapan Terbaik
Uji emisi gas buang kendaraan bermotor (kalselpos)

2018 Hasil Evaluasi KLHK Kualitas Udara Balikpapan Terbaik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Berdasarkan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kota Balikpapan mendapatkan hasil terbaik dengan skor 83 pada 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, EKUP merupakan Program Langit KLHK  yang wajib dilaksanakan. Ada 47 daerah  yang terbagi dalam kategori Kota Besar, Sedang Kecil dan Ibukota Provinsi.

“Kegiatan ini terdiri dari  kegiatan fisik atau pengujian emisi kendaraan bermotor, pengukuran kualitas udara jalan raya, dan pengukuran kinerja lalu lintas perkotaan dan transportasi berkelanjutan,” ujarnya.

“Juga non fisik atau institusi, anggaran, kegiatan mereduksi tingkat pencemaran udara dan peran aktif masyarakat dalam pengendalian pencemaran udara,”

Dari hasil penilaian EKUP yang dilakukan KLHK  itu Balikpapan terbaik untuk kategori kota besar yakni kegiatan fisik untuk pengendalian kualitas udara di jalan raya dengan mengendalikan emisi gas buang.

“Ini juga sebagai langkah persiapan dan antisipasi, sosialisasi, dan ketaatan terhadap Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama,” ujarnya.

Hal ini juga disebutkan sebagai upaya menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi, melalui promosi dan penerapan kebijakan transportasi berkelanjutan di daerah perkotaan.

Comments

comments

About glen

Check Also

Kasad Berikan Dukungan Matkes Ke Daerah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa kembali memberikan bantuan Matkes …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.