Muhaimin

22 Pelajar Balikpapan Setingkat SMP Raih Nilai 100 untuk Tiga Mata Pelajaran

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pelajar Kota Balikpapan mendominasi hasil terbaik dalam ujian nasional berbasis computer (UNBK) setingkat SMP se Kaltim. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin.

Dia mengatakan, dari 65 pelajar SMP se Kaltim yang meraih nilai rata-rata hampir sempurna, sebanyak 35 pelajar adalah pelajar Balikpapan. Peringkat 1 sampai 10 besar untuk setingkat SMP se-Kaltim diraih sebanyak 65 siswa yang yang  hampir sama.

“Hasil UNBK SMP/MTs diumumkan 29 Mei kemarin. Alhamdulillah, dari 65 pelajar itu, 35 pelajar berasal dari Kota Balikpapan. Nilai UNBK tertinggi yakni 393,5 diraih Firza El Hakim, siswa SMPN 1 Balikpapan,” ujarnya.

Menurut Muhaimin, dari 35 pelajar asal Balikpapan yang meraih nilai rata-rata hampir sempurna, sebanyak 22 pelajar meraih nilai sempurna yakni nlai 100 untuk tiga mata pelajaran yakni mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

“Di Kaltim ada 51 siswa, nah 22 siswa diantaranya dari Balikpapan yang meraih nilai sempurna 100 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika dan IPA ,”ujarnya.

Sedangkan untuk dua pelajar yangt meraih nilai tertinggi berasal dari Balikpapan yakni Firza yang meraih nilai  98 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, 98 Bahasa Inggris, 100 Matematika, dan IPA 97,5. Satunya pelajar asal Bontang yakni Azkiya Hartanto.

“Nilai yang sama juga diperoleh Husna Azkiya Hartanto dari SMP IT Daarul Hikmah Bontang. Jadi, untuk peraih nilai tertinggi ada dua siswa,” ujarnya.

Kata Muhaimin, Pemerintah Kota Balikpapan akan memberikan penghargaan maupun dana pembinaan bagi pelajar yang meraih nilai terbaik. Begitupun guru maupun sekolah juga akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan

“Penghargaan diberikan bagi peraih nilai UNBK tertinggi se-Kaltim, 10 besar peringkat UNBK se-Balikpapan, maupun yang mendapatkan nilai 100. Diserahkan 1 Juni, saat peringatan Hari Lahir Pancasila,” ujarnya.

Baca juga ini :  Polda Kaltim Kembali Periksa Walikota dan Anggota DPRD Kasus RPU

“Saya mengucapkan selamat dan tugas selanjutnya adalah melanjutkan ke jenjang SMA/SMK, dan PPDB akan dilaksanakan tanggal 1-12 Juli 2019,”

Sementara dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Balikpapan pelajar setingkat SMP yang mengikuti UNBK sebanyak 10.292 siswa dengan  nilai rata-rata untuk empat  mata pelajaran dalam UNBK yakni rata-rata 235,93.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.