Anggota Panwascam Balikpapan yang dilantik 27 Oktober 2022 di Hotel Platinum.

Anggaran Sewa Kecil, Sebagian Panwascam Belum Punya Kantor Sekretariat

BAlIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hingga saat ini Sebagian Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Balikpapan belum memiliki kantor secretariat karena anggaran sewa yang sangat minim.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Balikpapan Ahmadi Azis dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang d gelar di Hotel Astara, Senin (21/11/2022)

Sampai saat ini masih ada beberapa kecamatan yang belum mendapatkan kantor secretariat,” ujarnya

Dia mengatakan, alokasi anggaran yang minim membuat kesulitan mencari kantor sekretariat. Karena anggaran yang dialokasikan melalui APBN hanya sekitar Rp 2 jutaan per bulan.  

Sedangkan nilai sewa di Balikpapan jauh , berbeda pada saat pilkada lumayan lah. Sewa kantor itu minim sekali cuma 2 jutaan lebih,” ujarnya

Kondisi itu tentu memprihatinkan. Karena anggota Panwascam sudah dilantik sejak 27 Oktober 2022 di Hotel Platinum.

Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Balikpapan dilantik dan diambil sumpah di hotel Platinum pada Kamis (27/10/2022). Menurutnya, bisa saja jika ada bantuan dari Pemerintah Kota Balikpapan.

“Kita sampai saat ini masih komunikasi dengan pihak kecamatan siapa tahu ada ruangan atau bangunan-bangunan yang kosong untuk ditempati teman-teman Panwascam,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk operasional seluruhnya menggunakan dana APBN, bukan APBD Kota. Anggaran dari Pemkot Balikpapan baru bisa digunakan saat pilkada 2024. Karena yang disiapkan untuk Pemilu 2024.

Kalau angaran Panwascam untuk pemilu itu dianggarkan APBN, jadi Pemkot belum masuk. Untuk Pemkot pada saat pilkada 2024,kemungkinan tahapannya akhir 2023 baru kita penganggaran,”ujarnya

Kata dia, proposal untuk anggaran Pilkada Balikpapan sudah diajukan. Namun realisasinya belum tahun ini. “Mulai hari ini kita sudah mengajukan proposal terkait kegiatan Pilkada 2024,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.