Komisioner Bawaslu Balikpapan dan Relawan Patroli Cyber / ist

Atasi Konten Negatif di Media Sosial, Bawaslu Balikpapan Bentuk Tim Relawan Patroli Cyber

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam upaya memperkuat pengawasan dan penanganan konten negatif, berita hoax, ujaran kebencian, dan kampanye hitam di media sosial pada Pemilu 2024, Bawaslu Balikpapan gandeng pegiat media sosial, anak muda dan mahasiswa dalam Tim Relawan Patroli Cyber

Ahmadi Azis selaku koordiv Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Balikpapan menyampaikan bahwa pembentukan tim relawan patroli cyber ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya mewujudkan pemilu yang demokratis, bebas ujaran kebencian, berita bohong dan isu sara di media sosial dalam Pemilu 2024.

Tim relawan patroli cyber sendiri melibatkan langsung pegiat media sosial, anak muda dan mahasiswa dalam pengawasan partisipatif diharapkan dapat memunculkan kolaborasi yang positif dalam penanganan konten negatif di media sosial.

“Kita libatkan pegiat media sosial dan anak muda dalam penanganan konten negatif di media sosial. Karena anak muda ini sangat erat dengan media sosial. Apa yang sedang viral mereka lebih cepat tau” ungkap Ahmadi Azis.

Nantinya tugas tim relawan Patroli Cyber ada 2 yaitu pencegahan dan pengawasan, Pencegahan dengan cara membuat konten edukatif dan informatif mengenai kepemiluan. Harapannya adanya relawan patroli cyber dapat menjadi simpul dalam penyebarluasan konten literasi kepemiluan kepada masyarakat luas.

Selain itu tim ini juga memiliki tugas dalam pengawasan terhadap konten-konten yang melanggar, namun muaranya tetap ke Bawaslu, karena hasil pengawasan tersebut akan menjadi informasi awal bagi bawaslu untuk ditindaklanjuti.

Comments

comments

Baca juga ini :  Fisik Pemain Borneo FC Digenjot Selama Dua Pekan TC di Jogyakarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.