Bank Indonesia Balikpapan Gelar Penganugerahan Gerakan Wanita Matilda 2022

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dalam rangka upaya ketahanan pangan di tingkat rumah tangga, Bank Indonesia Balikpapan bersama Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Balikpapan telah menyelenggarakan Gerakan Wanita Matilda (GWM) 2022. 

GWM sendiri merupakan program tahunan sejak 2019 yang berfokus pada pengendalian inflasi melalui penyediaan komoditas pangan khususnya sayuran dan hortikultura di lahan pekarangan rumah tangga. 

GWM tahun 2022 telah dibuka pada 2 Juni 2022 lalu oleh Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Heria Prisni di Aula Rumah Jabatan Walikota Balikpapan.

Pelaksanaan program GWM pada tahun ini, menerapkan budidaya hidroponik untuk komoditas sayuran hijau penyumbang inflasi seperti sawi, bayam, kangkung dan selada. Budidaya hidroponik merupakan metode yang tepat di daerah perkotaan dimana lahan pekarangan mulai terbatas. 

Selain itu, hasil panen dengan metode hidroponik lebih tinggi dibandingkan dengan penanaman secara konvensional. Peserta GWM 2022 berasal dari Kelurahan Muara Rapak, Margo Mulyo, Sungai Nangka, Klandasan Ulu, Damai Baru dan Manggar. 

Dalam pelaksanaan program, peserta diberikan edukasi terkait teknis pembibitan dan perawatan tanaman oleh penyuluh lapangan serta wawasan tambahan terkait perencanaan keuangan keluarga.

Sebagai rangkaian penutupan dari program GWM, Bank Indonesia Balikpapan bersama TP PKK Kota Balikpapan mengumumkan pemenang GWM 2022 yang dilaksanakan bersamaan dengan acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kota Balikpapan pada 28 Juli 2022. Juara 1 adalah GWM Sungai Nangka, juara 2 GWM Muara Rapak, juara 3 GWM Manggar, juara harapan 1 GWM Margo Mulyo, juara harapan 2 GWM Damai Baru dan juara harapan 3 GWM Klandasan Ulu.

Penganugerahan diberikan kepada GWM terbaik yang berhasil merawat dan menjaga keberlangsungan tanaman, sesuai hasil penilaian secara langsung oleh Dewan Juri pada tanggal 12 Juli 2022.

Baca juga ini :  Utang Luar Negeri Indonesia Naik 3,7 Persen, Capai USD 423,1 Miliar

Dengan dilaksanakannya penganugerahan ini, maka program GWM 2022 secara resmi ditutup secara langsung oleh Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Ibu Nurlena Rahmad Mas’ud. Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Balikpapan menyampaikan peran PKK dalam keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat sangat penting. Oleh karena itu, diharapkan PKK dapat terus bergerak dan berpartisipasi aktif sebagai wujud berbakti pada bangsa dan berbakti pada sesama sebagaimana tema HKG ke 50 ini.

Pada kesempatan ini, Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud juga menyampaikan bahwa TP PKK selama ini telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota dalam hal pemberdayaan keluarga melalui UMKM, industri kreatif, serta pengendalian inflasi daerah melalui Gerakan Wanita Matilda. 

“Harapannya, semangat wanita matilda tidak berhenti pada program ini saja namun dapat tetap berlanjut dan meluas ke kelurahan – kelurahan lainnya,” kata Rahmad. 

Lebih lanjut, upaya pemenuhan pangan keluarga secara mandiri ini diharapkan dapat menambah supply sayuran sehingga turut mengendalikan inflasi di Kota Balikpapan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.