Barak Lokalisasi Dibongkar, Wali Kota Balikpapan Persilahkan Warga Tempuh Jalur Hukum

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal effendi mengungkapkan, pembongkaran barak lokalisasi Kilometer 17 sesuai instruksi Gubernur Kaltim yang menginginkan tidak ada lagi kegiatan prostitusi di Kaltim.

“Demi kebaikkan bersama dan untuk menindaklanjuti instruksi bapak Gubernur dan memamng sudah kesepakatan kita untuk menutup kegiatan-kegiatan kompelk (lokalisasi). Jadi ya kita bongkar,” ujar Wali Kota Balikpapan disela-sela pembongkaran, Rabu (08/02).

Menurut Rizal, sebelum dilakukan pembongkaran pihaknya sudah menyampaikan surat peringatan terakhir agar barak segera dikosongkan.

“Surat peringatanb terakhir, sudah,” ujarnya.

Kata Rizal, sebenarnya penutupan aktifitas lokalisasi sudah dilakukan sejak 2013 lalu, hanya saja Pemerintah Kota Balikpapan masih memberikan toleransi

“Sudah ditutupo 2013 bayangkan, kita masih tolerir, sudah ditutup tapi masih aktif. Ini jugakan lahan Pemkot,” ujarnya

Rizal pun mempersilahkan, jika ada pihak-pihak yang tidak menerima dengan pembongkaran yang dilakukan.

“Tentu kan hak semua warga Negara kita menghargai kalau nanti ada tuntutan ya coba kita uji di pengadilan,” ujarnya.
“Pokoknysa kalau ada klaim sampaikan ke Pemerintah Kaota atau ke pengadilan saya ras kita menghormati upaya yang dilakukan mereka.”

Pemkongkaran puluhan barak lokalisasi Kilometer 17 dilakukan dengan pengawalan ratusan aparat gabungan. Pembongkaran tersebut, dipimpin langsung Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi didampingi Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud, Rabu (08/02) pagi.

Sebelum dilakukan pembongkaran, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan tentang Penutupan dan Pembongkaran Lokalisasi Kilometer 17 oleh Camat Balikpapan Utara. Pembongkaran dilakukan tanpa ada perlawanan dari penghuni maupun masyarakat sekitar.

Lokalisasi Kilometer 17 Balikpapan merupakan salah satu lokalisasi terbesar di Kalimantan karena memperkerjakan sekitar 1.400-an PSK yang rata-rata berasal dari Jawa. Lokalisasi btersebut sudah berdiri sejak awal tahun 1990-an.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.