Presiden Joko Widodo tanam pohon di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara

Besok Mulai di Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Masyarakat di Sekitar Kawasan IKN Nusantara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pelatihan pemberdayaan masyarakat bagi masyarakat di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dibuka pada Senin (04/07/ 2022) pagi.

Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM), terutama pada masyarakat lokal, sejalan dengan pembangunan IKN yang akan segera dimulai.

Pembukaan pelatihan yang dikoordinasikan tim Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) ini akan diselenggarakan di Kantor Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pembukaan pelatihan akan dihadiri oleh Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Dhony Rahajoe dan diharapkan juga akan dihadiri Gubernur Kaltim Timur Isran Noor yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (IKA Unmul).

Program pelatihan tahap pertama akan diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja Samarinda, Kementerian Tenaga Kerja dan terdiri atas lima jenis pelatihan, yakni pelatihan hidroponik, sablon atau digital printing, menjahit, pembuatan roti, dan barista.

Peserta setiap jenis pelatihan sebanyak 16 orang yang merupakan hasil identifikasi oleh Pemerintah Kecamatan Sepaku. Mereka akan menjalani pelatihan dengan durasi berbeda sesuai jenis pelatihan, rerata 20 hari efektif.

Pelatihan bagi warga ini diharapkan dapat memberikan pengakuan akan kompetensi yang dimiliki SDM di wilayah IKN melalui uji kompetensi serta sertifikasi. Selain itu untuk membangun jejaring kerja bagi warga lokal agar mampu berkontribusi optimal ketika tahapan pembangunan IKN dimulai. Saat ini terdata sebanyak 28 jenis pelatihan yang diagendakan untuk warga di wilayah IKN

Comments

comments

Baca juga ini :  Komisi I DPRD Balikpapan Pantau Arus Balik Penumpang di Semayang dan Bandara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.