Baim bersama anak Papua
Bripka Ibrahim bersama anak-anak Papua. (Foto: ist)

Bripka Ibrahim, Personel Satgas Humas Ops Damai Cartenz 2022: Dari Renungan, Jadi Karya Video, Juara Lomba Se-Nusantara

DALAM kurun waktu beberapa bulan ini, tidak bisa dipungkiri, bertubi-tubi masalah mendera organisasi kepolisian, yang ujungnya berdampak pada krisis kepercayaan publik. Dampak itu terasa di mana-mana. Dirasakan anggota Polri, dari Jakarta hingga Papua.

Adalah Bripka Ibrahim, salah satu personel Operasi Damai Cartenz 2022, yang sedang bertugas di bumi Papua. Dia selalu mengikuti perkembangan dari berita-berita di televisi, media online hingga media sosial. Ia gundah dan gelisah. Beban tugasnya sebagai anggota Polri jelas tak mudah.

Kegelisahannya dia coba tuangkan dalam sebuah perspektif dan renungan dalam karya video pendek. Karya videonya kemudian diikutsertakan dalam lomba HUT Humas Polri ke-71 tahun 2022.

hadiah
Suasana pembagian hadiah bagi pemenang lomba HUT Humas Polri ke-71 tahun 2022. (Foto: ist)

Hasilnya, Bripka Ibrahim berhasil menjadi pemenang video Humas Polri se-nusantara dengan kategori terbaik di dua zona sekaligus: Kalimantan dan Papua.

Video yang dibuat sederhana, namun pesan dalam video mengandung makna yang kuat. Video itu menyuarakan kesadaran dan perbaikan. Berisi suara dan harapan dari sudut pandang pihak ketiga. Tentang peran dan harapan hingga fungsi dan tugas Polri.

“Kenyataan bahwa saat ini citra Polri sedang terpuruk, tidak bisa kita hindari. Tapi, saya juga melihat banyak sekali polisi dengan pelayanan humanis. Saya ingin menampilkan itu secara proporsional,” tutur Bripka Ibrahim saat diwawancarai.

baim
Cover video Bripka Ibrahim.

Karya video yang dibuat memang mengangkat pelayanan kepolisian di pedalaman Papua. Ini sesuai dengan lokasi tugas Bripka Ibrahim saat ini yang bertugas sebagai anggota Satgas Humas dalam Operasi Damai Cartenz 2022 di ujung Timur Indonesia.

Pemenang lomba video ini diumumkan pada pelaksanaan Syukuran HUT Humas Polri ke-71 tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Satya Haprabu Divisi Humas Polri. Hadiah lomba diterima Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz yang juga Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

Baca juga ini :  Wilayah Pesisir Tertinggi Kasus Peredaran Narkoba di Kaltim

ANGGOTA HUMAS POLDA KALTIM

Baim
Bripka Ibrahim sedang menunjukkan gambar di kamera pada anak-anak Papua.(foto: ist)

Bripka Ibrahim yang kesehariannya bertugas di Humas Polda Kaltim sejak 2011 itu mendapat surat perintah. Dia ditugaskan ke Papua dalam operasi bersandi: Operasi Damai Cartenz 2022.

Operasi kepolisian tersebut berpusat di Papua sebagai upaya untuk mengembalikan keamanan dan ketertiban di bumi Cenderawasih. Dia bersama ratusan personel lainnya dari Polda se-Indonesia mengembang tugas negara di sana.

Pada Maret 2022 lalu ia bertolak ke Papua. Dia meninggalkan istri dan dua anak yang masih balita dan bersekolah di sebuah Sekolah Dasar.

Baim, begitu panggilan akrabnya, ditempatkan sebagai Kepala Tim Unit Produksi Kreatif Satgas Humas Damai Cartenz.

Dihubungi Inibalikpapan.com melalui telepon Rabu (2/11), kondisi Ibrahim hingga kini sehat dan jiwa kehumasan yang terpatri belasan tahun membuat ia aktif melakukan sejumlah agenda kehumasan di Papua.

“Saat ini saya berada di Jayapura. Dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan ke salah satu wilayah pedalaman Papua yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki,” katanya. ***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.