Daftar Tunggu Haji di Balikpapan 20 Tahun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Agama Kota Balikpapan menyatakan daftar tunggu bagi calon jamaah haji Balikpapan makin panjang yakni hingga tahun 2036 atau 20 tahun baru diberangkatkan ke tanah suci jika baru mendaftarkan diri tahun ini.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama RI kota Balikpapan Alfi Taufik mengatakan lama daftar tunggu ini tidak lepas dari pemotongan kuota 20 persen dari pemerintah Arab Saudi sehingga berimbas pada kuota daerah.

Di Balikpapan menurut Alfi setiap tahunnya memberangkatkan kurang dari 500 calon jamaah haji asal Balikpapan. Meski demikian antusias calon haji di Balikpapan cukup tinggi.

“Mereka yang mendaftar sekitar 1,5 kloter sementara yang diberangkatkan setiap tahunya hanya 1 kloter . Kalau daftar sekarang yang harus antri hingga 2036 karena ada pemotongan 20 persen kuaot dari sana belum dikembalikan,” katanya (12/7).

Namun akibat lamanya daftar tunggu, ada juga calon yang mengundurkan diri seperti pindah ke ONH plus, pindah daerah dan meninggal dunia. “Tapi proesentasenya kecil. Kalau mundur ya kita balikan semua uangnya,” ucapnya.

Menyinggung keberangkatan calon haji tahun 2016 ini, kloter 1 embarkasi Balikpapan akan terbang pada 10 Agustus mendatang. Sejak 11 Juli hingga 10 Agustus mendatang pihak melakukan manasik haji dari masing-masing dikantor kecamatan. Hingga nanti ke manasik tingkat kota. Embarkasi Balikpapan melayani kaltim, Sulut, Sullteng.
“Sesuai pembagian kloter , Balikpapan dapat dua kloter, kloter 3 itu Balikpapan penuh dan satunya kloter 12 itu campuran dengan daerah lain,” ungkapnya.

Dia mengungkapakn jumlah calon jamaah haji yang sudah melunasi ONH berjumlah 398 ditambah 5 petugas haji. “Kloter 1 akan masuk ke asrama haji Batakan pada 9 Agustus dan diberangkatkan pada 10 Agustus ke Jeddah. Mudah-mudahan persiapan maksimal dan terakhir pemeriksaan kesehatan sebelum masuk asrama haji,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tak Ingin Kecolongan Lagi, Seluruh Kepsek di Balikpapan Akan Diberi Pemahaman Soal Paham Anti Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.