Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugiantio saat meninjau arus musik di Pelabuhan Semayang Balikpapan Jumat (29/4/2022).

Di Balikpapan, Bus Tujuan Banjarmasin Diserbu Pemudik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Arus mudik di Kaltim cukup tinggi pada lebaran tahun ini. Khususnya arus mudik jalur darat antar kota dan kabupaten maupun provinsi. Di Kalimantan

Puluhan bus penumpang disiapkan untuk melayani pemudik, khususnya tujuan ke Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel). Dalam sepekan terakhir terlihat lonjakkannya tinggi.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim dan Kaltara Avi Mukti mengakui, adanya tren kenaikkan arus mudik memang terlihat untuk jalur darat.

“Kalau di Batu Ampar memang kenaikan tidak terlalu signifikan,”ujarnya disela-sela mendampingi Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugiantio saat meninjau arus musik di Pelabuhan Semayang Balikpapan Jumat (29/4/2022).

“Kalau kita perkirakan itu sekitar 20 sampai 30 persen aja. Namun tetap ada kenaikan dibanding hari-hari biasa,”

Menurutnya, saat ini jumlah bus tujuan antar Provinsi yang beroperasi sampai 15 unit per hari. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasa yakni hanya 6 unit bus per harinya.

“Puncaknya itu sekitar tiga hari lalu, kapasitas di dalam bus yakni 40 seat itu penuh semua setiap keberangkatan,” ujarnya

Kata dia, arus mudik tertinggi khusus jalur darat yang menggunakan bus tertinggi tujuan Banjarmasin. Terlihat dari padatnya pemudik memenuhi Terminal Batu Ampar balikpapan.

“Yang paling banyak itu ke Kalsel, setiap hari pasti ada. Besok (sabtu) juga masih banyak yang kesana,” ujarnya

“Kalau dari Balikpapan-Samarinda itu kan hanya rutinitas, jadi setiap hari pasti ada. Armadanya juga kami siapkan 60 unit dan itu semua sudah dalam kondisi laik jalan,”

Sementara untuk arus balik, diprediksi sepekan setelah lebaran atau 7-8 Mei 2022. “Karena kan itu mau mendekati masa terakhir libur lebaran, sehingga kita siapkan personik kita,” ujarnya

Baca juga ini :  Arus Mudik, Pelni Siapkan Dua Kapal Tambahan di Pelabuhan Semayang

Dia menambahkan, telah berkoordinasi dengan instasi terkait diantaranya kepolisian, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan instansi lainnya agar atus balik lancar.

“Jadi kita juga bersinergi dengan instasi terkait seperti kepolisian, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.