Sudirman Djayaleksana

DLH Antisipasi Lonjakan Sampah Selama Idul Fitri

BALIKPAPAN,Inibalipapan.com — Untuk mengantisipasi lonjakan sampah selama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan berencana menambah kendaraan angkutan sampah.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah rumah tangga menjelang dan sesudah perayaan hari Lebaran.
Diperkirakan volume sampah di Kota Balikpapan bisa meningkat hingga hampir dua kali lipat dari biasanya, mencapai 600 ton per hari.

Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, bahwa selain memfungsikan kendaraan angkutan sampah milik DLH, pihaknya juga berencana akan memfungsikan kendaraan angkutan Dinas Perumahan Dan Permukiman (Disperkim) Kota Balikpapan.

“Jika nanti memang masih kurang, kami akan meminjam kendaraan truk milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU),” ujar Sudirman kepada wartawan, Jumat,  (29/4/2022).

Pihaknya juga akan menambahkan jadwalnya,  Dimana jika jadwalnya hanya dua ret, kemungkinan akan ditambah menjadi 4 ret.
Sementara itu ditanya mengenai armada pengangkut sampah milik DLH sendiri seluruhnya berjumlah 88 unit.

“Dan kalaupun dilakukan penambahan unit pengangkut sampah itu tidak banyak. Hanya 6 unit. Dan kalau kurang kami akan pinjam ke DPU,” jelasnya.

Kemudian untuk personel kebersihan dapat dipastikan akan lembur. Karena memang pengangkatan sampah ini tidak bisa ditinggalkan walau satu hari saja. Perlu diketahui juga untuk personil di pengangangkutan, pihaknya siagakan seluruhnya berjumlah 400 personel.

“Jadi petugas kebersihan tidak ada cuti dan libur. Kalau cuti sehari aja bagaimana sampah yang ada di dalam kota,” tutup mantan Kadishub Balikpapan ini. 

Comments

comments

Baca juga ini :  Pertemuan G20 Bisa Jadi Ajang Kerjasama Membuat Vaksin Global

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.