Neni Winahyu

DPPR Balikpapan Luncuran One Map One Data, Layanan Digital Tata Ruang Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Kota Balikpapan mengenalkan dan meluncurkan layanan One Map One Data yakni pelayanan Tata Ruang secara digital.

Kepala DPPR Kota Balikpapan Neni Winahyu mengatakan, layanan One Map One Data itu bisa diakses 24 jam melalui alamat website onemaponedata.balikpapan.go.id.

“One Map One data adalah inovasi dari Dinas Pertanahan dan Penataan Rang Kota Balikpapan untuik bisa memberikan informasi Tata Ruang secara elektronik,” ujarnya, Selasa (11/10/2022).

“Terhitung mulai hari ini tanggal 11 Oktober 2022 dengan alamat website onemaponedata.balikpapan.go.id,” sambungnya.

Dia mengatakan, melalui One Map One Data akan tergambar jelas Tata Ruang di Balikpapan. Sehingga pelaku usaha atau masyarakat bisa melihat dulu ketentuannya.

“Bisa langsung melihat pola ruang di Kota Balikpapan beserta informasi geospasial di dalamnya,” tandasnya.

Sehingga diharapkan dengan ini masyarakat ataupun pihak eksternal maupun perangkat daerah dalam merencanakan kegiatan pembangunan atau merencanakan aktivitas usahanya dapat mengetahui lebih dahulu pola ruang dan ketetapan di dalamnya.

Dia menjelaskan, dalam layanan One Map One Data itu juga ada beberapa layanan diantaranya layanan informasi dokumen tata ruang, dokumen keterangan rencana kota, ketiga layanan pengaduan tata ruang dan tata bangunan.

“Selain itu kami juga mengintegrasikan sistem informasi geospasial ini dalam data pertanahan  kita ada membentuk land informasi sistem yaitu kita akan mempublikasikan data-data pertanahan di Kota Balikpapan,” ujarnya.

Dalam layanan One Map One Data juga memuat informasi terkait pertanahan ataupun lahan yang telah bersetipikat ataupun yang telah memperoleh izin membuka tanah negara (IMTN).

“Selain itu nantinya juga akan dikembangkan untuk bisa menginformasikan data zona nilai tanah, kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional,” terangnya.

Baca juga ini :  Pertamina Pastikan Solar Aman Selama Mudik Lebaran

Pemerintah Kota Balikpapan menggelar acara publikasi dan diseminasi kebijakan pemerintah kota Balikpapan di bidang Informatika, Penataan Ruang, dan Perlindungan Anak, Selasa (11/10/2022) di Hotel Grand Tjokro. Ketiga program ini telah diluncurkan beberapa waltu lalu, yakni aplikasi Balikpapan Single Window, Sistem Informasi Geospasial Tata Ruang Kota Balikpapan dan Strategi Menuju Kota Layak Anak.

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Agus Budi Prasetyo menyampaikan sambutan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud. Dalam sambutan tersebut, ia menyambut baik proyek perubahan yang telah disusun oleh peserta pelatihan kepemimpinan Nasional Tingkat II angkatan XIV Kota Balikpapan tahun 2022.

“Di mana proyek perubahan ini juga dalam rangka mendukung terwujudnya Balikpapan sebagai smart city yang modern dan nyaman dihuni. Terlebih menyongsong era persaingan yang semakin ketat. Maka aparatur pemerintah dituntut untuk mampu berkreasi dan menghasilkan sistem pelayanan yang lebih efektif,” terangnya.

Menurutnya, melalui inovasi ini, seluruh pihak bisa mendapatkan solusi atas pemasalahan di Kota Balikpapan. Yakni dengan memberdayakan potensi yang dimiliki. Proyek perubahan ini diharapkan tidak hanya sebatas kepentingan reformer saja, tetapi juga OPD terkait.

“Untuk itu, demi suksesnya pelaksanaan proyek perubahan ini, maka kegiatan diseminasi dan sosialisasi mutlak diperlukan. Agar proyek ini dapat diketahui dan dipahami. Baik oleh jajaran OPD terkait sebagai pelaksananya. Juga kepada masyarakat sebagai sasaran penerima manfaat,” ungkapnya.

Ini pencarian Populer:https://www inibalikpapan com/dppr-balikpapan-luncuran-one-map-one-data-layanan-digital-tata-ruang-balikpapan/

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.