Ketua DPR, Puan Maharani. (Dok: DPR)

DPR Soroti Kasus Kelaparan di Lanny Jaya Papua, Harus Diakhiri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan Kekeringan yang kembali melanda Kabupaten Lanny Jaya, Papua yang memicu kelaparan warga pada awal Juni 2022

Pasalnya, kasus kekeringan tersebut telah sering terjadi. Bahkan pada awal Juni 2022 dilaporkn tiga orang meninggal dunia dan ratusan lainnya kelaparan akibat bencana kekeringan di Distrik Kuyawage.

“Kelaparan akibat kekeringan di Lanny Jaya ini sudah berulang,” ujar Puan Maharani dilansir dari laman DPR.

“Seharusnya tidak terjadi jika pemerintah setempat melakukan mitigasi bencana dengan baik. Kasus kelaparan di Lanny Jaya ini harus jadi yang terakhir,”

Selain mitigasi bencana, Puan mengatakan, kearifan lokal setempat dalam menghadapi potensi bencana juga perlu dilestarikan. Misalnya kearifan lokal warga Lanny Jaya dalam menyimpan cadangan makanan seperti ubi jalar, yang adaptif terhadap cuaca dingin.

“Pemerintah daerah setempat harus mendampingi dan memfasilitasi warga untuk merawat kearifan lokal, seperti menyimpan ubi jalar dalam tanah. Kearifan lokal ini juga harus diintegrasikan dalam program mitigasi yang terencana,” tuturnya.

Puan juga mengingatkan pemerintah daerah setempat untuk mendukung ketahanan pangan dengan terus mendampingi warga dalam budi daya tanaman pangan lokal setempat, utamanya yang merupakan sumber karbohidrat.

“Sumber karbohidrat tidak harus beras. Alam Papua justru menyimpan sumber pangan mengandung karbohidrat yang sangat beragam, seperti sagu, ubi jalar, talas dan sebagainya. Jangan sampai keragaman sumber pangan ini ditinggalkan karena sudah terlalu bergantung pada beras,” kata Puan.

 “Ancaman krisis pangan itu nyata adanya dan bahkan sudah di depan mata kita,” tutup politisi PDIP itu.

Comments

comments

Baca juga ini :  Eletabilitas Puan Maharani Tertinggi dalam Bursa Cawapres   

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.