Hari Ketiga Libur Lebaran, PAD Pantai Sudah Capai Rp 200 Juta

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Objek wisata Pantai Manggar Segara Sari masih menjadi lokasi favorit warga untuk menghabiskan waktu libur lebaran. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung yang memadati objek wisata andalan kota Balikpapan ini yang mulai mengalami peningkatan sejak libur lebaran hari pertama. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, dr Ratih Kusuma mengatakan, untuk kunjungan ke objek wisata di Pantai Manggar Segara Sari yabg dibuka setelah libur lebaran hari pertama Senin (2/5) jumlah kunjungan mencapai1.448 orang, kemudian hari kedua Selasa (3/5/) terjadi peningkatan yang lebih dari 100 persen pada saat libur lebaran hari pertama sekitar 8.152 pengunjung.

“Sementara pada libur lebaran hari ketiga Rabu (4/5) kami evaluasi ada 8.600 pengunjung,” ujar Ratih Kusuma kepada media, Kamis (5/5/2022).

Ratih menambahkan, selama tiga hari libur lebaran untuk pendapatannya, Rp 20 juta pas hari pertama. Hari kedua, Rp 80 jutaan. Hari ketiga belum tau, masih perlu direkap,” akunya.

Namun begitu, ia memperkirakan pemasukan jika diakumulasikan dengan dua hari kemarin bisa mencapai nominal Rp 200 juta. Kata dia, pemasukan tersebut tidak sebanding dengan saat pandemi maupun sebelumnya. Karena menurutnya, kunjungan tidak seramai seperti sekarang ini.

“Kalau tahun sekarang, memang antusias masyarakat tinggi. Jadi nggak salah kalau kunjungan membludak,” imbuhnya.

Adapun mereka yang datang ke pantai Manggar bukan hanya dari Balikpapan tapi juga dari luar kota seperti Bontang, Tenggarong, Samarinda, Samboja. makanya setiap hari setelah layanan pihaknya melakukan evaluasi jangan sampai terjadi kemacetan, kemudian terus memberikan kenyamanan menikmati objek wisata pantai manggar.

“Termasuk untuk layanan kesehatan, kebersihan disamping DLH dan Fasilitas kendaraan UPTD Manggar untuk nengambil sampah termasuk toilet,” ujarnya. 

Baca juga ini :  Disalip Motor, Mobil Wanita Cantik Masuk Parit

Disampaikan Ratih, untuk akses masuk dan keluar Pantai Manggar memakai satu jalur, pintu masuknya didepan Dodikjur Manggar, dan pintu keluarnya di Lamaru,  karena libur lebaran tahun lalu pantai manggar tidak dibuka karena pandemi, sehingga diprediksi animo masyarakat begitu tinggi dan harapannya pengunjung untuk selalu menjaga prokes.

“Sementara untuk personel yang disiagakan  sekitar 150 orang terdiri dari DPOP, DKK, BPBD, Polresta, Basarnas, Polda Kaltim, dan Pokdarwis,” akunya. 

“Mereka bertugas sampai Minggu ini untuk mengantisipasi lonjakan, karena dihari terakhir libur lebarab jangan sampai lebih dari kondisi yang ada, sementara laporan kondisi keamanan di pantai manggar hingga hari ketiga masih berjalan aman,” pungkas Ratih. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.