Budi Gunadi Sadikin

Hingga 20230 Pemerintah Targetkan Kebutuhan Dokter Spesialis Terpenuhi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah menargetkan hingga 2030 target dokter spesialis terpenuhi. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Dia mengatakan, hingga saat ini masih kekurangan dokter spesialis. Diharapkan, melalui academic health system kebutuhan dokter spesialis bisa terpenuhi.

Melalui academic health system ini pemenuhan tenaga dokter spesialis yang harusnya ada 7 di setiap rumah sakit daerah bisa segera terpenuhi.

“Untuk pemenuhan dokter spesialis, kita tadinya mengejar 2024 tapi kayaknya tidak mungkin selesai, jadi mungkin sampai 2030 kita usahakan supaya terpenuhi dokter spesialis,” ujarnya

“Hari ini saya membantu teman-teman dari fakultas kedokteran supaya kumpul bersama untuk meluncurkan program yang namanya academic health system,” tambah Menkes Budi.

Karena targetnya minimal Academic health system, lanjutnya, merupakan ide dari teman-teman fakultas kedokteran. . Tujuannya agar layanan kesehatan masyarakat bisa telayani dengan baik.

“Jadi para dekan dari 92 fakultas kedokteran berkumpul bersama meluncurkan ide ini yang tujuannya untuk memperbanyak dan mempercepat lulusan dokter spesialis,” ucap Menkes Budi.

Dengan program ini, nantinya fakultas kedokteran kategori A misalnya, akan mendidik fakultas kedokteran di luar Jawa supaya bisa membangun prodi dokter spesialis.

Kemudian mereka juga akan membina rumah sakit – rumah sakit di luar Jawa agar bisa menjadi rumah sakit pendidikan tempat para dokter spesialis ini praktek.

“Tujuannya mudah-mudahan jumlah kelulusan dokter spesialis akan semakin banyak juga tersebar tidak hanya terkonsentrasi di Jawa tapi di seluruh pulau di Indonesia,” tuturnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Virus Corona Masih Mengancam, Kelompok Rentan Tetap Wajib Pakai Masker

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.