Home / iniFLASH / Hingga Tahun Depan Waduk Tritip Layani 11 Ribu Sambungan Balikpapan Timur
Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Manajemen PDAM saat meninjau Waduk Tritip

Hingga Tahun Depan Waduk Tritip Layani 11 Ribu Sambungan Balikpapan Timur

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PDAM Kota Balikpapan menargetkan hingga tahun depan sebanyak 11 ribu sambungan baru dari Waduk Manggar. Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat meninjau pemasangan baru.

Dia mengatakan, saat ini instalasi Waduk Tritip sudah sampai Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. pembangunan instalasi jaringan pipa PDAM setidak sudah mengurangi permintaan air bersih khususnya bagi warga Balikpapan Timur.

“Instalasinya sudah clear sampai di Sepinggan. Kalau toh bilang warga belum sepenuhnya, iya. Tapi paling tidak sudah mengurangi dari tahun-tahun sebelumnya setelah beroperasinya Waduk Tritip. Memang belum maskimal,” ujar Rahmad, disela-sela meninjau instalasi air minum PDAM di kawasan Waduk Tritip, Rabu siang(16/09/2020).

Dalam kunjungan ini, Rahmad didampingi Direktur Umum PDAM Nur Hidayah berama jajaran dan Kepala PU Balikpapan Andi Yusri Ramli. Rahmad mengungkapkan, untuk tahun ini ada 3 ribu sambungan baru khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) khususnya di Balikpapan Timur. “Tahun ini 3 ribu MBR, kemudian tahun depan akan ditambah seribu jadi 4 ribu. Tinggal kita lihat lagi debit air kalau mencukupi kita tambah lagi. ini lagi diusahakan,” jelasnya.

“Jadi hingga tahun depan sekitar 11  ribu sambungan baru PDAM Balikpapan  untuk Waduk Tritip. Karena saat ini sudah melayani sekitar 7.500-an KK . Khusus Balikpapan Timur,” ungkapnya.

Dia berharap, sebelum Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN) pelayanan air besrih PDAM sudah menjangkau 100 persen masyarakat.  Karena saat ini baru menjangkau sekitar 79 persen.

“Doakan saja tahun depan sudah naik 80 persen dan sebelum peremisnian  IKN sudah 100 persen. Karena kita kan bergantung dari air baku,” ujarnya.

Rahmad meminta masyarakat yang belum kebagian air bersih untuk bersabar sebab pemerintah kota berusaha menyiapkan air bakunya.

Khusus air bersih dari waduk Tritip ini sudah dinikmati 7000 KK di wilayah Balikpapan Timur sejak tahun lalu. saat ini sudah dilakukan pemasangan samburan rumah di 3000 KK masyarakat berpenghaslan rendah. “3000 KK untuk MBR ini insyaallah Oktober ngalir. setelah BPKP turun langsung memvalidasi data dan tinggal menyalakan keran dan langsung mengalir,” ujar Nur Hidayah

Saat ini debit air di Waduk Tritip masih sekitar 145 liter perdetik dan maksimal 200 liter per detik. Sedangkan untuk 1000 SR paling lambat tahu n depan sudah terpasang.

Comments

comments

About glen

Check Also

Masih Ada Puluhan Karyawan PHKT Platform Sepinggan Belum Keluar Hasil Swab

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 66 karyawan perusahaan Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) yang yang bekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.