Balikpapan Dikepung Banjir, Sejumlah Lokasi Masih Tergenang

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur hampir merata di seluruh wilayah Kota Balikpapan sejak pukul 01.00 wita hingga 04.30 wita,  Kamis (25/8/2022).

Akibatnya sejumlah wilayah di Balikpapan mengalami banjir,  terutama di kawasan yang menjadi langganan banjir seperti Beler,  Jalan MT Haryono, Simpang Gunung Sari, Puskib, Gang Mufakat, belakang SMP 7, Pasar Segar,  dan Toko Utama Gunung Sari Ilir. 

Dari laporan relawan di lokasi,  ketinggian banjir cukup tinggi terutama di daerah Beler yang mencapai pinggang orang dewasa. Di sekitar pemukiman dekat SMP 7 air bercampur lumpur memasuki rumah warga. 

Di pertigaan Balikpapan Permai tampak mobil terjebak banjir, petugas berusaha melakukan evakuasi. Hingga saat ini sejumlah titik masih kebanjiran. Hal ini diperparah jika air laut pasang membuat aliran air terhambat mengalir ke laut. 

“Mobil terjebak banjir di Balikpapan Permai,  mohon bantuan evakuasinya,” kata petugas dalam video yang diterima media. 

Hingga pagi hari warga yang ingin bekerja dan melintas di Jalan MT Hartono dan Jalan Beker harus mencari jalur alternatif, akibat air masih menggenang.

Dari laporan BMKG Kota Balikpapan Analisis Cuaca Sementara. Berdasarkan hasil Kondisi dinamika atmosfer teridentifikasi adanya pola sirkulasi pusaran angin (Eddy Circulation) di Selat Makassar dan pola shearline serta konvergensi yang cukup lokal (925-850 mb) di wilayah Balikpapan dan sekitarnya. 

Selain itu kondisi kelembaban udara yang cukup tinggi di lapisan atas membuat Kota Balikpapan dan sekitarnya menjadi tempat yang subur bagi pertumbuhan awan dan hujan.

Peringatan dini sudah dikeluarkan oleh duty Forecaster Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 2 kali mulai tanggal 24 Agustus 2022 pukul 23.49 WITA hingga tanggal 25 Agustus 2022 pada pukul 04.24 WITA (saat dilaporkan). 

Baca juga ini :  Indonesia Disebut Telah Lepas Krisis Pandemi, Tetap Waspada Gelombang Ketiga

Berikut titik-titik lokasi genangan air:

Akses jalan diantaranya:

– Jalan MT Hariyono 

– Jl.A Yani ( Tugu adipura s/d simpang exs Puskib)

– Jl.A Yani ( Depan RS Restu Ibu)

– Jl. Siaga

– Gn Guntur

– Jl.Asnawi Arbain ( beje beje)

– Letjend TNI Z.A Maulani

– Mayjend Sutoyo  ( Gn Malang)

– Depan Pasar Segar Balikpapan Baru 

Pemukiman diantaranya:

– Jl.Al Makmur ( beler )  RT 31 dan 32 Kel.Damai Balikpapan Kota

– Jl.Mufakat 1,2 dan 3

– RT 32,35 dan 38 Kel.Gn Sari ilir

– Samping hotel Pasifik RT 44 Gn Sari Ilir  

– Perum Pelita Sepinggan

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.