Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik

HUT ke-78 Provinsi Kaltim, Pj Gubernur : Usia Telah Mencapai Puncak Kematangan

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – DPRD Provinsi Kaltim menggelar Rapat Paripurna ke-2 dengan agenda Peringatan  HUT Provinsi ke-67, di Gedung DPRD Karang Paci, Samarinda, Senin 8 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan, di usia ke-67 Tahun 7, jika diibaratkan manusia, usia ini telah mencapai puncak kematangan.

“Manusia yang secara mental dan fikiran telah mengkhatamkan dirinya dalam menjalani asam garam kehidupan di muka bumi,” ujarnya dikutip inibalikpapan.

Menurutnya, dengan usia tersebut selayaknya Kaltim telah rampung untuk memahami berbagai problematika, dan berhasil mengkhatamkan berbagai program dan tantangan pembangunan di berbagai bidang, dengan penuh semangat dan produktivitas tinggi.

“Kita mengangkat tema Membangun Kaltim untuk Nusantara, sebagai wujud penegasan dari suara hati, dari karya dan produktivitas kita masyarakat Kalimantan Timur, bahwa kita akan terus memberikan dharma bhaktinya untuk Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Kaltim, bukan hanya memberikan sumbangsih bendawi semata, tapi tekad, daya juang, motivasi dan semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Rukun, harmonis, aman dan damai.

Dia mengungkapkan, sejauh ini berbagai capaian pembangunan telah diraih, menjadi pemicu dan sumbu untuk terus maju dan berkembang.

Dengan dukungan bersama kolaborasi dan sinergi seluruh elemen masyarakat. Sehingga terwujud nafas panjang pembangunan untuk masa depan Kaltim yang cemerlang.

“Alhamdulillah, mengakhiri tahun 2023, ditengah gejolak dan kondisi geopolitik dunia yang tidak baik-baik saja, Kalimantan Timur di sektor ekonomi menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan,” ujarnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Itu menerangkan, pertumbuhan ekonomi Kaltim dari tahun 2019 hingga triwulan III tahun 2023 meningkat dari 4,70 persen menjadi 6,34 persen. 
.
Angka IPM di tahun 2023 juga mengalami peningkatan mencapai angka 78,20, yang berstatus tinggi dan berada pada posisi ketiga nasional setelah DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.
.
“Kita tidak boleh kalah, jangan berputus asa. Mari kita tatap dengan penuh semangat dan optimisme,” harap Akmal.
.
Dia juga mengimbau dan mengajak seluruh masyakat Kaltim di tahun politik 2024 menjelang pelaksanaan Pemilu untuk terus menjaga persatuan dan persaudaraan, harmoni, rukun, aman dan damai. 
.
Terkait perbedaan pandangan dan pilihan politik dalam masyarakat, hal itu kata dia, merupakan wajar dan lumrah karena bagian demokrasi. Tetap menjaga persatuan dan kesatuan.
.
“Mari kita saling menghargai dan menghormati satu dengan lainnya. Dengan sekali lagi meningkatkan persatuan dan kesatuan, mewujudkan Kaltim yang aman dan damai,” ujarnya.

Baca juga ini :  Kawasan Perkantoran Bupati PPU Diusulkan Jadi Penangkaran Rusa Sambar

Pada kesempatan ini Pj Gubernur didampingi Ketua DPRD Kaltim Hasan Mas’ud menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang berjasa turut berkiprah dalam membangun Kaltim baik di bidang agama, kebudayaan, kesehatan , pembangunan, pendidikan dan pertanian hingga kepariwisataan.
.
Hadir dalam rapat paripurna unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kaltim, Bupati Paser Fahmi Fadly, Kepala OPD di lingkup Provinsi Kaltim serta kepala instansi vertikal Kaltim.
.
Nampak juga mantan Gubernur Kaltim periode 2019-2023 Isran Noor serta wakilnya, Hadi Mulyadi. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.