Zulkifli

Ini yang Dilakukan Forum Petisi Bermitra Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah membentuk Forum Petisi Bermitra, Jumat (23/10). Forum tersebut diisi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pihak swasta.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli yang merupakan bagian dari Forum Petisi Bermitra mengatakan, Forum tersebut, nantinya akan berupaya menyelesaikan masalah sosial yang tak pernah tuntas selama ini.

“Nah saya merasakan selama ini didalam melaksanakan tertib sosial terutama yang menangani gelandanagn, anak jalan, pengemis ini belum tuntas,” ujarnya

Dia menjelaskan, terkait penanganan anak jalanan, gelandangan maupun pengemis yang tidak bisa dibawah ke ranah pidana sesuai Peraturan Daerah (Perda). Karena rata-rata justru masih dibawah umur atau remaja.

“Karena sebagian besar populasi mereka ini adalah anak-anak remaja dibawah umur, jadi tidak bisa dilakukan pendekatan yustisi penegakkan perda,” ujarnya

“Karena mereka belum bisa dikenakan pidana, tpiring dans ebagainya, jadi kita kebingungan ini mau diarahkan kemana,”

Sementara dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Satpol PP tidak saja melakukan penindakkan namun juga fungsi tanggungjawab membina.

“Disana mengamanatkan Satpol PP melakukan kegiatan tidak saja melakukan dengan operasi penertiban tetapi juga punya fungsi dan tugas tanggungjawab untuk membina, bahkan mendeteksi dan mencegah dini,” ujarnya.

Sementara Satpol PP tidak secara institusi memiliki kemampuan melakukan pembinaan bagi anak jalanan, gelandangan maupun pengemis. Sehingga perlu ada dukungan dari pihak lain, melalui pola kemitraan.

“Jadi teman-teman pengusaha, teman-teman di lapangan kita ajak untuk membentuk forum nanti menyantuni mereka-mereka ini,” ujarnya

Karena kata dia, rata-rata anak jalan, pengemis maupun gelandangan menyangkut faktor ekonomi. “Karena mereka tidak bisa hidup layak maka turunlah ke jalan jualan di simpang jalan dan seterusnya,” ujarnya

Baca juga ini :  Basri Rase Jabat Wali Kota Bontang, FX Yapan Jabat Bupati Kutai Barat

Sementara ketika diamankan kemudian dikirim ke Dinas Sosial, namun tidak lama kembali lagi ke jalanan. Sehingga harapannya melalui Forum Petisi Bermitra ada solusi untuk penanganan masalah sosial yang ada.

‘Sehingga saya coba komunikasikan dengan teman-teman swasta diluar, mereka sangat antusias mendukung, nanti kami sebagai forum penyantunlah,” ujarnya

Dia mencontohkan, jika anak-anak tersebut di jalanan butuh Rp 25 ribu dalam sehari untuk biaya sekolah. Nanti melalui Forum Petisi Bermitra yang akan mencoba menyediakan kebutuahan tersebut.

“Nanti forumlah yang akan memikirkan, akan dibantu. Misalnya begini satu anak dia harus berjualan di lapangan, dia butuh 25 ribu satu hari sebagai biaya untuk sekolah. Kalau kita kalkulasikan, 1 bulan 1 juta sampai 1,5 juta,” ujarnya

“Mereka (swasta) kan akan bersedia menyediakan itu dalam satu bulan, jadi anak tadi tidak perlu lagi berjualan, jadi dia menjadi anak yang normal, bisa bermain, sekolah dan sebagainya.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.