Home / iniFLASH / Kades Baru Terpilih PPU Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas di Yogyakarta
Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa terpilih di Jogyakarta

Kades Baru Terpilih PPU Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas di Yogyakarta

PENAJAM, Inibalikpapan.com – Untuk memberikan pembekalan kepada sejumlah Kepala Desa (Kades) baru terpilih di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi Kades, yang diselenggarakan di Yokyakarta, Selasa, (26/4). Kegiatan pelatihan ini langsung dibuka secara resmi oleh Bupati PPU Yusran Aspar.

Dalam arahannya Yusran Aspar mengatakan bahwa pelatihan yang dilaksanakan tersebut diharapkan mampu memberikan bekal kepada para Kades yang baru terpilih. Untuk itu kata dia, semua Kades mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan serius.

“Simak semua materi yang diberikan oleh pemateri, sehingga nantinya apa yang saudara peroleh tentang desa di sini (Yokyakarta) dapat diterapkan dalam mengatur pemerintahan desa dan mengembangkan potensi yang ada di desa saudara di Kabupaten PPU, “terang Yusran Aspar.

Menurutnya belajar jauh-jauh dari daerah sendiri jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka akan sangat rugi.

“Dengan mengikuti pelatihan disini bisa melihat, belajar, tukar informasi, tambah ilmu  dengan desa-desa yang sudah berhasil mengembangkan desanya. Karena seperti diketahui, banyak desa berprestasi hingga tingkat nasional yang berada di Yokyakarta ini, “pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Pemerintahan Desa  BPMPD PPU Margono Hadi Sutanto, mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan Permendagri No. 82 Tahun 2015 Pasal 6 yaitu  Pasal 6 yang  menerangkan bahwa Calon Kepala Desa terpilih yang telah dilantik wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

“Jadi sesuai dengan maksud dan tujuan diklat ini  adalah untuk memberikan pembekalan kepada kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak yang telah dilaksanakan pada 15 des 2015 kemarin dan telah dilantik pada tanggal 27 januari 2016. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 25 April 20166 sampai dengan 9 Mei 2016 di Hotel LPP Garden Ambarukmo Yogyakarta,” imbuhnya.

Adapun Kades yang ikut dalam pelatihan tersebut adalah, Hendro Jatmiko asal desa Bukit Subur, Asep Andriawan asal Desa Api-api, Budi Raharjo asal desa Sesulu, Khariansyah desa Babulu Darat, Abdul Zais Desa Babulu Laut, Sahudi, desa sebakung Jaya, Muharis, Desa Rawa Mulya, Sitam Desa Gunung Makmur, Irfan Laking Desa Sumber Sari, Ikbal Albertus Desa Sriraharja, Surani Desa Tengin Baru, Abdul Haris Desa Bukit Raya, Sunoto dan Kusiono asal Desa Wonosari.

 

 

Comments

comments

About glen

Check Also

DPRD Tak Sepakat Diberlakukan Kembali Pembatasan, Minta Semua Sektor Usaha Dibuka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemerintah Kota tak memberlakukan pembatasan kembali. Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.