Calon jamaah haji Balikpapan saat keberangkatan melalui Bandara Sepinggan Balikpapan 2019

Kemenang Balikpapan Telah Hentikkan Pemberangkatan Jamaah Umroh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan mulai melakukan penghentian sementara pemberangkatan jamaah umroh ke Arab Saudi, terhitung mulai Kamis, 27 Februari 2020 .

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Alfi Taufik. Meskipun, Kemenag Kota Balikpapan belum mendapat surat resmi dari Pemerintah Pusat terkait kebijakan Pemerintah Arab Saudi mensetop sementara umroh.

“Memang belum ada syrat resmi dari Pemerintah Pusat. Tapi saya sudah tahu informasinya dari tadi pagi. Saya kita agen umroh juga pasti sudah tahu,” ujarnya.

Dia pun meminta agen travel untuk menyampaikan ke jamaah yang sudah memiliki jadwal keberangkatan untuk  sementara bersabar. Karena kebijakkan tersebut, merupakan kebijakkan Pemerintah Arab Saudi.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi telah menghentikan sementara semua perjalanan umroh, khususnya jamaah dari Asia. Langkah itu sebagai upaya mencegah masuknya virus  corona ke negara tersebut.

“Ini kan karena pencegahan, preventif kesehatan sebenarnya tidak masalah. Umroh itu kan sunnah saja tidak wajib, kalau tidak bisa berangkat, ya tahun depan ,” ujarnya.

Sementara terkait, jamaah umroh Indonesia yang sat ini masih berada di Arab Saudi, saat ini, Alfi menerangkan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan keamanannya ketika masih berada di kawasan Negara Arab Saudi.

“Kalau jemaah yang ada disana terjaga kesehatan, yang akan pulang ke Indonesia pun tidak ada masalah, yang penting itu tidak masuk kesana (Arab Saudi),” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Timnas Putri akan Menghadapi Arab Saudi Dalam Laga FIFA Women A Match

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.