Kilang Pertamina Unit Balikpapan Kumpulkan Seluruh Mitra Binaan Untuk Saling Bersinergi

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) merupakan kewajiban bagi sebuah perusahaan khususnya di bidang pengelolaan sumber daya alam. 

Tidak terkecuali di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Menjelang tutup tahun 2023, PT KPI Unit Balikpapan menyelenggarakan Gathering Mitra Binaan Tahun 2023 di La Piazza Banua Patra, Balikpapan, Sabtu (23/12/2023).

“Tanggal 20 Desember kemarin, Kilang Pertamina Unit Balikpapan dianugerahi Proper Hijau. Penghargaan ini merupakan penilaian kinerja perusahaan dalam hal pengelolaan lingkungan. Dalam penilaian itu salah satunya adalah TJSL. Yang dinilai itu peranan perusahaan dalam membina mitra-mitra binaan di lingkungan sekitar operasional kilang kita,” kata General Manager PT KPI Unit Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho dalam sambutannya.

Proper Hijau merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Proper Hijau diberikan kepada perusahaan yang memenuhi kriteria dengan hasil penilaian beyond compliance, atau ketika suatu perusahaan dalam upaya kinerjanya tidak hanya taat dalam pemenuhan kebijakan mengenai penjagaan lingkungan. 

Melainkan juga menyumbangkan nilai tambah berupa pemanfaatan sumber daya alam yang efisien, membentuk konservasi energi yang mumpuni, dan melaksanakan pengembangan sosial di kalangan masyarakat.

Menurut Bayu, pencapaian ini dan juga perusahaan merupakan milik dan tanggungjawab bersama, “Saya mohon dukungannya, mari sama-sama kita jaga perusahaan kita tercinta ini. Karena perusahaan ini bukan hanya milik saya atau tim manajemen saja, tapi ini milik kita semua. Karena perusahaan ini memberikan kontribusi yang besar untuk ketersediaan bahan bakar bagi kita semua. Menyediakan energi untuk aktivitas Bapak Ibu semua,” tambah Bayu.

Gathering ini menjadi kesempatan bagi manajemen PT KPI Unit Balikpapan untuk berdialog langsung dengan seluruh penerima manfaat yang sudah dibina hingga saat ini. 

Baca juga ini :  Tidak Ada Kewenangan Kota Balikpapan Buat Lembaga Sertifikasi Profesi ASN

“Saya ucapkan terima kasih, atas peran serta Bapak Ibu untuk menggerakkan unit-unit usaha disekitar Kilang Balikpapan dalam binaan Pertamina RU V. Sehingga mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi lebih untuk masyarakat di sekitar kita. Karena kita yakin bahwa pertamina tidak bisa hidup sendiri. Kita harus memperhatikan masyarakat disekitarnya, terutama masyarakat Ring 1,” pungkas Bayu.

Kegiatan gathering ini diikuti 11 kelompok mitra binaan yaitu 3 kelompok dari Penajam Paser Utara dan 8 kelompok dari Kota Balikpapan dengan total peserta yang hadir 91 orang peserta. Selain General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho, juga turut hadir Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) PT KPI Unit Balikpapan Novie Handoyo Anto.

Perwakilan Kelompok Mitra Binaan PT KPI Unit Balikpapan, Sahriyah berharap kesempatan ini menjadi awal sinergi antar mitra binaan. “Semoga kedepannya dengan adanya gathering ini dapat menjadi forum untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi yang lebih intens lagi. terutama juga dengan teman-teman mitra binaan yang baru terbentuk ataupun baru bertemu. Serta tidak lupa sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pertamina RU V semoga kedepannya dapat terus bersinergi dan mencapai tujuan besar kita semua,” harap Sahriyah.

Pada acara tersebut juga dipaparkan materi Program TJSL PT KPI Unit Balikpapan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat dari masing-masing ketua kelompok mengenai potensi dan aktivitas kegiatan hingga saat ini. 

Sebagai penutup, acara gathering diisi dengan permainan tentang Pilar TJSL Pertamina dan SDG’s serta Cerdas Cermat untuk meningkatkan kebersamaan antar mitra binaan.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa ini merupakan pertama kalinya seluruh mitra binaan dikumpulkan dalam satu kegiatan khusus.

Baca juga ini :  Waspada Penyakit Keturunan Talasemia, Hingga Juni 2021 Terdapat 10.973 Kasus

“Ini adalah momen yang sangat penting bagi kita semua. Baru pertama kali kita bisa bertemu seluruh ketua dan para anggota kelompok mitra binaan PT KPI Unit Balikpapan. Kami cukup terkejut jumlahnya sekitar 130 orang yang tersebar di Balikpapan dan Penajam Paser Utara, ini angka yang cukup banyak bagi kami. Semoga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar,” kata Chandra.

Kegiatan ini menjadi wadah mitra binaan saling tahu potensi masing-masing sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan akan ada sinergi antar mitra binaan. Mitra binaan diharapkan dapat berkembang dengan menjangkau kebermanfaatan yang lebih luas. 

“Kegiatan kita pada hari ini supaya kita bisa saling mengenal dan bersilaturahmi. Tujuan besar kita adalah kita bisa mengintegrasikan program-program ini. Mungkin sekarang kita sudah mulai dalam skala-skala kecil, beberapa program sudah mulai dikolaborasikan supaya bisa saling mendukung. Kita ingin nanti, dalam skala besar bisa kita integrasikan lebih baik lagi,” tutup Chandra.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.