Gedung KPK / ilustrasi
Gedung KPK

KPK Awasi Langsung Pembangunan Ibu Kota Negara

JAKARTA, Inibalikpapan.com – KPK menyatakan, akan mengawal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim yang tahun ini akan dimulai.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, pihaknya akan mengawasi  langsung sebagai bentuk pencegahan terjadi korupsi. Karena anggaran yang digunan sangat besar.

Kami pun melakukan kegiatan terkait persiapan dan upaya-upaya tindakan pencegahan supaya tidak terjadi korupsi, dalam rangka program pembangunan ibu Kota Negara di Kalimantan,” ucap Firli dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Menurut dia, KPK memiliki tanggung jawab mencegah segala potensi korupsi dalam proyek tersebut. Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

“KPK pun menyosong program pemerintah terkait rencana pembangunan ibu kota negara,” ucap Firli.

Namun kata dia, pemberantasan korupsi tidak bisa ditangani oleh KPK saja. Perlu sinergi dengan lembaga lain atau bahkan peran dari masyarakat langsung.

“Rencana kerja KPK 2022-2024, kami tetap mengedepankan, meningkatkan integritas penyelenggara negara dan peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi,” ujarnya

“Meningkatkan sistem pengelolaan penyelenggara negara dan keuangan negara yang antikorupsi, meningkatkan penindakan hukum tindak pidana korupsi,” kata Firli.

Suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Pemkot Beri Kemudahan Warga Ikut BPJS Kesehatan Kelas 3, Kartu Langsung Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.