Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha

KPU Balikpapan Lakukan Verifikasi Faktual Terhadap 2.423 Anggota Parpol

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPU Kota Balikpapan kini tengah melakukan verifikasi administrasi dan faktual kepada 2.423 anggota partai politik (parpol) yang akan menjadi peserta pemilu 2024.

“Jadi ini tahapan pendaftaran, verifikasi adminisdtrasi dan faktual sampai nanti penetapan parpol yang akan menjadi peserta pemilu,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, Kamis (27/10/2022)

Dia mengatakan, verifikasi yang dilakukan dengan mendatangi rumah masing-masing anggota parpol tersebut. Melakukan pertemuan tatap muka melalui petugas yan telah ditetapkan.

“Jadi anggota parpol yang masuk sampling suka atau tidak suka kita harus datangi dari pintu ke pintu jumlahnya 2.423,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah tersebut lebih banyak dari sebelumnya. Karena metode presentasenya berneda. Namun meski begitu, saaat ini verifikasi faktual yang telah dilakukan mencapai 70 persen.

“Sekarang sudah sekitar 70 persen yang kami datangi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ini samplingnya lebih banyak karena dulu kan dia pakai presentase dari jumlah keanggotaan minimal,” ujarnya

Jika anggota parpol saat di datangi ditemui di rumahnya, tak beertemu maka nantinya parpol wajib mengumpulkan di sekretariat kemudian dari KPU akan mendatangi dan melakukan verifikasi.

“Kalaul di sekretarioat gak hadir maka kita pakai video confrence atau VC. Kalau itu tidak hadir maka kita TMS kan, tidak memenuhi syarat,” ujarnya

Kata dia, ketika dilakukan verifikasi yang bersangkutan tidak mengakui anggota parpol maka akan diminta membuat surat pernyataan bahwa memang bukan anggota parpol dan langsung dinyatakan TMS.

“Dia menunjukkan KTA dan KTP di dalam video itu, kalau itu dilakukan maka memenuhi syarat, kalau tidak TMS,” ujarnya

Dia menambahkan, verifikasi yang dilakukan dari pagi hingga malam. Meskipun ada sejumlah wilayah yang sulit dijangkau dan harus jalan kaki, namun dia optimis sebelum 4 November sudah tuntas.

Baca juga ini :  2 Oktober Bawaslu Tentukan Kelanjutan Kasus Terlapor Abdul Rais

“Terakhir nanti di 4 november, insyaallah kita datangi mencapai target 100persen bisa, yang jadi masalah adalah ketika tidak bisa ditemui, parpol harus menghadirkan di sekretariat,” ujarnya

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.