Home / iniFLASH / KPU Balikpapan Tunggu PKPU untuk Laksanakan Tahapan Pilkada Serentak
Rapat Koordinasi yang digelar KPU Kota Balikpapan

KPU Balikpapan Tunggu PKPU untuk Laksanakan Tahapan Pilkada Serentak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasca Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak, KPU RI langsung membuat rancangan Peraturan KPU (PKPU).

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha mengatakan, PKPU tersebut, terkait tahapan pelaksanaan pilkada serentak. Dimana Perppu disebutkan pilkada serentak ditunda 3 bulan dari seharusnya 23 September 2020 ditunda pada 9 Desember 2020.  

“KPU RI itu sedang membuat rancangan, dimana dalam rancangan itu jelas tergambar bahwa pilkada serentak itu pemungutan dan penghitungannya itu jatuh di bulan Desember tanggal 9,” kata Noor Toha.

“Maka KPU RI sesuai dengan perintah amanat Perppu itu membuat tahapan sesuai yang di Perppu, itu dulu yang dikerjakan. Itu harus dikerjakan KPU itu wajib,”tandasnya.

Kata dia, dalam rancangan PKPU tersebut, tersebut mengatur tahapan-tahapan pilkada serentak. Kemudian dilakukan uji publik, sebelum dibawa ke Komisi II DPR RI untuk disetujui, sebelum diterbitkan dilaksanakan masing-masing KPY di daerah.

“Berarti sudah bisa dimulai tahapan (kalau PKPU sudah diterbitkan). Kalau tidak disetujui (DPR), berarti gak jadi, kalau disetujui berarti jalan,” jelasnya.

Toha tak mau mengandai-andai jika pandemi covid-19 berkepanjangan hingga Desember. Terpenting PKPU tuntas dan KPU Kota dan Kabupaten bisa melaksanakan tahapan pilkada serentak, “Kan kita tidak tahu apa yang terjadi di Desember,” ujarnya

“Misalnya minggu depan tiba-tiba covid-19 langsung dratis menurun, ini kan gak tahu yang penting rancangan dibuat dulu ya.” tukasnya.

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Update 27 Mei 2020 : Bertambah 1 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 1 Kasus Sembuh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan masih terus bertambah. Hal itu disampaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.