Komisioner KPU RI Persadaan Harahap

KPU Kaltim dan Kabupaten Kota Siap Gelar Tahapan Pemilu 2024

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisioner KPU RI Persadaan Harahap memastikan KPU Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kota siap melaksanakan tahap pemilu 2024. Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Kaltim

“Kunjungan hari ini untuk memastikan teman-teman di jajaran KPU Provinsi , Kabupaten Kota siap,” ujarnya kepada awak media di Balikpapan, Rabu (27/07/2022).

Dia mengatakan, dalam kunjungannya ke Kaltim sempat meninjau KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) . Disamping KPU kota Balikpapan. Karena saat ini memaski tahap pendaftaran partai politik (Parpol) dan verifikasi.

“Kita pastikan mereka siap untuk melaksanakan semua tahapan pemilu yang saat ini masuk dalam proses pendaftaran dan verifikasi parpol,” ujarnya

“Kita mengambil sample selain di Provinsi juga di Kota Balikpapan. Kemudian tadi ke PPU. Kita pastikan semua siap melaksanakan 20234,”

Termasuk juga delapan KPU Kabupaten Kota lainnnya di Kaltim. Baik secara kelembagaan maupun personal. “Tadi juga melalui zoom memastikan teman-teman diluar Balikpapan dan PPU,” ujarnya

Pihaknya juga mendorong agar KPU Kaltim dan Kabupaten Kota juga sudah mulai persiapan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Karena setelah pemilihan presiden, DPR, DPRD dan DPD, juga pilkada.

“Termasuk persiapan juga haus dilakukan mulai sekarang terkait pilkada

Karena setelah pemilu di Februari kita aka mengadakan pilkada di bulan November 2024,” ujatnya

“Kemudian akan kita support dengan anggaran yang sampai saat ini masih di intensifkan komunikasikan dengan pihak Kementerian Keuangan.”

Dia menjelaskan, tahapan pemilu akan di mulai di KPU RI yakn pendaftaran parpol mulai 1-14 Agustus. Kemudian faktualisasi dukungannya keanggataannya akan di verifikasi di KPU Kota dan Kabupaten.

“Memverifikasi faktual data yang sudah diberikan ke KPU RI terkait susunan kepengurusan dan keberadaan kantor parpol yanga da di kabupaten kota,” ujarnya

Baca juga ini :  Update 19 Juli 2021 : Kasus Kematian di Kaltim Capai 77 Orang, Tertinggi Balikpapan 27 Orang

“Memastikan kesiapan mereka, karena kan di dalam penyelenggaraan ini konsep utamanyakolektif kolegial, jadi ketua dananggota harus solid. Jabatan struktural di Kabupaten Kota.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.