Kwartir Balikpapan Ziarah Makam Pahlawan, Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Rangkaian peringatakan Hari Pramuka ke-60 tahun di Kota Balikpapan dengan mengangkat tema tanpa henti berbaakti,
mulai terlihat seperti yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Kwartir Kota Balikpapan melaksanakan ziarah makam Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Dharma Agung, Minggu (8/8/2021).

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Hatta Zainal mengatakan, pelaksanaan ziarah makam ini mengingat jasa-jasa bahwa para pejuang telah membela negara dan kesatuan bangsa yang perlu dihormati dan didoakan.

“Selain itu juga sebagai pengingat kalau kita juga akan kembali seperti mereka yang dimakamkan disini, sehingga perlu meningkatkan ketaqwaan,” ujar Hatta Zainal kepada awak media, Minggu (8/8/2021).

Disamping itu juga gerakan pramuka dituntut menjadi Duta perubahan yang menunjukakn kepada masyarakat kalau pramuka dapat melaksanakan prokes dan menjaga diri untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Tak hanya ziarah makam, pada puncaknya 14 Agustus pukul 10.00 wita juga akan dilaksanakan upacara yang dipimping langsung Gubernur Kaltim melalui virtual,” akunya.

Sementara itu, Seketaris Kwarcab Pramuka Kota Balikpapan, Budi mengatakan, rangkaian hari Pramuka ke- 60 tingkat Kaltim memang dipusatkan di Balikpapan sebagai tuan rumah.

“Jadi selain upacara, juga ada tabur bunga di makam pahlawan Dharma Agung,” kata Budi

Kwartir Pramuka cabang Balikpapan juga mengadakan kegiatan bakti sosial seperti pembagian masker dan vaksinasi untuk para pembina pramuka.

“Bakti sosial sekalian penyemprotan dibeberapa RT juga sudah kami laksanakan, untuk vaksinasi sebelum upacara apel besar kita laksanakan saat ini masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota untuk tempat dan waktu pelaksanaannya,” jelas Budi.

“Kami juga menargetkan 500 anggota pramuka yang ikut divaksinasi baik dari Pembina maupun anggota pramuka yang diatas 18 tahun,” tutup Budi.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.