DPC LVRI Balikpapan menggelar syukuran dalam rangka HUT LVRI ke 66 Tahun, di rumah jabatan wali kota Balikpapan (10/1/2023).

LVRI Balikpapan Gelar Syukuran HUT ke 66 Tahun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Legiun Veteran RI (LVRI) kota Balikpapan menggelar syukuran dalam rangka Hari Ulang Tahun LVRI ke 66 tahun 2023, di rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, Selasa (10/1/2023).

Syukuran dihadiri wali Kota Balikpapan bersama perwakilan unsur Forkominda Balikpapan dan perwakilan Polda Kaltim serta Kodam VI Mulawarman. Acara ini juga dihadiri para veteran yang pernah bertugas di luar negeri.

Sejumlah kegiatan yang digelar LVRI Balikpapan yakni upacara peringatan di kantor DPC LVRI Balikpapan di kawasan Balikpapan Permai, ziarah ke TMP Balikpapan dan syukuran di aula rumah dinas wali kota Balikpapan.

Ketua DPC LVRI Balikpapan, Josep Worang mengatakan, pada tahun 1957 di Jakarta digelar  penyatuan  kongres nasional pertama LVRI yang diikuti 2500 dari berbagai faksi, laskar pejuang kemerdekaan.

Pertemuan pejuang tersebut meyepakati badan yang menjadi penyatu seluruh pejuang dari seluruh nusantara

“Kongres menyepakati pembentukan badan yang menyatukan elemen pejuang seluruh nusantara dalam wadah LVRI. Dan menjadi LVRI rumah besar bagi veteran,” ujar Yosep membacakan sambutan Ketua Umum LVRI Pusat.

Presiden Soekarno juga membuat surat keputusan dan UU 15 tahun 2012 tentang Veteran. UU ini menjadi aset  berharga yang dimiliki veteran hingga saat ini.

“Sebagai veteran kita bersyukur dan bangga bahwa negera mengakui atas pengabdian dan pengorbanan para pejuang,” ucapnya.

Karena itu pada syukuran HUT LVRI, katanya perlu dilakukan intropeksi dan kontemplasi terhadap berbagai tantangan dan hambatan yang pasti ada.

“Hambatan bukan kelemahan tapi menjadi kita kuat. Pengalaman membuktikan hanya dengan dedikasi dan pengalaman, pengabdian tanpa pamrih organisasi LVRI tetap eksis dan solid,” tandasnya.

“LVRI juga harus memberikan peran dan kontribusi terbaik bagi bangsa. LVRI tetap fokus pada visi misinya salah satunya program pembangunan jiwa semangat dan nilai-nilai perjuangan 45,” sambungnya.

Baca juga ini :  Komisi III Akan Usulkan Pembentukan Pansus Perijinan

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Pemkot Balikpapan memberikan apresiasi kepada LVRI, dimana sejarahnya tidak bisa dilupakan dalam merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa, perjuangan pendahulu menjadikan kita menghargai nilai-nilai kepahlawanan pejuang dan kesetiakawanan sosial.

“Saya berharap dihari jadinya LVRI ke-66 menjadi momentum mempererat silaturahmi dan kekeluargaan para veteran serta menjalin masa tua yang sehat dan bahagia,” ujar Rahmad.

“Kita tidak bisa menilai jasa para pendahulu pahlawan kita paling tidak kemerdekaan yang mereka perjuangkan menjadi amal ladang pahala bagi mereka,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.