Ketua Majlelis Adat Dayak Nasional Martin Bila dan Mendagri Tito Karnavian

Majelis Adat Dayak Nasional Tegaskan Dukung Penuh IKN, Siap Mengawal dan Terlibat Dalam Pembangunan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Majelis Adat Dayak Nasional menyampaikan  dukungan penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), siap mengawal dan terlibat dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Adat Dayak Nasional Martin Bila saat Pembukaan Rakernas I Majelis Adat Dayak Nasional I di Hotel Novotel Balikpapan pada Kamis (13/10/2022) malam.

“Hari ini kami sampaikan secara publik kami mendukung sepenuhnya, siap mengawal, siap terlibat dalam pembangunan IKN,” ujar Martin Bila.

Mantan Bupati Malinau Kalimantan Utara (Kaltara) itu menyampaikan, melalui Rakernas Majelis Adat Dayak Nasional, masyarakat Dayak maupun masyarakat Kalimantan mendukung IKN.

“Melalui momen Rakernas ini masyarakat Dayak Kalimantan dan masyarakat Kalimantan mendukung menerima, mengawal dan siap terlibat dalam pembangunan IKN,” katanya.

Dia menuturkan,  masyarakat Dayak harus bersyukur karena berada di pulau yang kaya akan sumber daya alam (SDA), tidak ada gempa, tidak ada gunung merapi hingga tidak ada tsunami.

“Suku Bangsa Dayak meski bangga dan bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena suka bangsa Dayak berada di Pulau yang kaya raya, tidak ada gempa , tidak ada gunung merapi, tidak ada tsunami dan budayanya terunik di dunia, indah, penuh nilai dan makna,” ujarnya

Sejauh ini lanjutnya, jumlah populasi suku Dayak seluruhnya 5-6 juta jiwa. Terdiri dari 405 sub suku, dengan kurang lebih 600 bahasa, dengan agama yang beragam, dan adat istiadat dan hukum adat yang berbeda,namun tetap kokoh sebagai suku bangsa Dayak.

“Majelis Adat Dayak Nasional adalah organisasi kekerabatan yang mengayomi, mengkoordinasikan dan memperjuangkan hak-hak masyarakat adat, sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara Indonesia, membangun dan mempertahankan keutuhan NKRI,” tandasnya.

Mantan Anggota DPD itu juga menambahkan, Rakernas I Majelis Adat Dayak Nasional juga bertujuan untuk mengevaluasi dan menyusun program dalam menghadapi situasi dan kondisi bangsa.

Baca juga ini :  Ini Pesan Kapolda Kaltim Saat Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polsek Kaliorang

“Juga untuk mengajak seluruh suku bangsa Dayak untuk semangat bergandengan tangan dengan anak bangsa lainnya, bangkit dari pandemi COVID-19 dan menata masa depan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.