Makanan Mendekati Kadaluarsa Harus Diberi Tanda

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta makanan dan minuman yang mendekati masa kadaluarsa jarus diberi tanda. Apalagi, rata-rata dijual dengan harga yang miring.

“Saran pak Kapolres untuk produk yang dijual diskon karena masa kadaluarsanya tinggal beberapa bulan itu harusnya diberi tanda,” ujar Rizal.

“Supaya masyarakat ini tahu, ini diskon karena masa pakainya (konsumsinya) terbatas atau masa kadaluarsanya tingga beberapa waktu,”

Menurutnya, hal tersebut, untuk mengingatkan masyarakat agar segera dikonsumsi, sehingga tidak lewat masa kadaluarsanya. Karena kata dia, jika tidak akan berbahaya bagi yang mengkonsumsinya.

“Supaya masyarakat tahu dan kalau membeli cepat menggunakannya jangan sampai lewat nanti jadi masalah,” ujarnya.

Kata Rizal, makanan dan minuman yang mendekati masa kadaluarsa boleh saja dijual. Hanya saja, masyarakat harus diberi tahu untuk segera di konsumsi. Jangan justru disampan, kemudian  lupa mengkonsumsinya.

“Ya itu tetap boleh dijual tapi harus diberi peringatan kepada masyarakat segera di konsumsi jangan di simpan karena waktunya tinggal, misalnya ada satu bulan, dua bulan,” ujarnya.

Dia juga meminta masyarakat jika membeli makanan dan minuman harus memperhatikan masa kadaluarsa. Termasuk kemasannya. Sehingga makanan dan minuman yang dibeli masih layak untuk dikonsumsi.

“Masyarakat harus cerdas kalau beli, cek kemasan, label, masa kadaluarsa, itu perlu supaya jangan sampai kena dampak ketika mengkonsumsi itu,” ujarnya

“Apalagi Loka POM membuka aplikasi untuk mengecek misalnya untuk barang-barang tertentu dicek di loka POM.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Rita Widyasari : Masa Sih Seorang Rahmad Kata-Katanya Bisa Diragukan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.