Meski Dalam Pemeliharaan, Persiba Dapat Pakai Melalui Izin Wali Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Meski stadion Batakan Balikpapan masih dalam tahap pemeliharaan oleh kontraktor Waskita Karya, namun Persiba Balikpapan dapat saja menggunakan stadion dengan izin wali kota.

Secara teknis bangunan senilai Rp1.2 triliun ni sudah tidak ada masalah dan dapat digunakan atau dimanfaatkan. Karena Bagian Pembangunan telah melakukannya pemeriksaan teknis dan hasilnya tidak ada temuan masalah

Kepala BPKAD Madram Muchyar mengatakan Secara teknis stadion Batakan memenuhi syarat untuk dipakai.

“Misalnya Persiba mau memanfaatkan, berati harus berkoordinasi dengan pimpinan daerah. Pak saya izin pak mau menggunakan stadion itu. Persiba sendiri tidak juga serta merta berarti dia mengutus orang dari komisi kelayakan. Kalau Persiba mau ngundang komisi dari liga untuk meninjau ya silakan tinggal kordinasi dengan pak wali. Misalnya sepakat mau ada uji coba ya silakan,”jelasnya belum lama ini.

Sebelumnya pihak PU memastikan Juni usai prosesor pemeliharaan rumput stadion, sudah biasa digunakan oleh Persiba.

Dari sisi regulasi pemerintah kota tidak ada masalah jika Persiba memanfaatkan keberadaaan stadion itu. Karena pembangunan stadion ini untuk menggantikan stadion Parikesit yang akan dibongkar untuk kepentingan perluasan kilang Balikpapan.

Jika dalam proses penggunaan stadion atau uji coba dilakukan ada kerusakan seperti rumput maka pihak PU dapat melakukan perbaikan.

“Karena masih dalam pemeliharaan, diizinkan wali kota maka PU bisa perbaiki itu” katanya.

Untuk pengelolaan stadion menurut Madram dapat dilakukan oleh SKPD teknis seperti dispora,  atu bisa juga dipihakketigakan.

“Pengelola itu bisa dikelola oleh yang berkaitan dengan tupoksinya (bisa Diapora). Bisa juga ke BPKAD pengelolaanya, kalau ke BPKAD berarti status penggunaanya tidak ada tupoksinya. Kemudian bisa juga disarankan kerja sama pemanfaatan. Itu pihak ke tiga yang mengelola (swasta), mekanismenya bisa dilakukan lelang atau apa,” terang Madram.

Baca juga ini :  Sudah Ada Pelaku Usaha yang Ditutup Sementara Karena Langgar Ketentuan PPKM

Bangunan stadion yang mampu menampung 40 ribu penonton ini sudah diserahkan kepada pemerintah kota namun wali kota belum menentukan siapa yang mengelola.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.