Produk Ramah Lingkungan Mitra Pertamina

Mitra Pertamina Kalimantan, Perkenalkan Produk Ramah Lingkungan

BONTANG, Inibalikpapan.com – Kelompok Matahari, Mitra Binaan PT Pertamina GAS Kalimantan Area, turut berpartisipasi memeriahkan Expo Khatulistiwa 2019 dengan memamerkan Produk Eco-printing yang ramah lingkungan

Sejak hari Kamis (25/4), ratusan pengunjung telah memadati stand Batik Daon Jajar yang memamerkan dan memperkenalkan produk ramah lingkungan tersebut untuk berbelanja.

Antusiasme ibu-ibu Kelompok Matahari dalam memasarkan Batik Daon Jajar sebagai produk eco-printing ramah lingkungan, seperti jilbab, syal, tas, pouch dan goodie tampak semakin menarik pengunjung.

Tak jarang dari mereka ingin mengetahui proses pembuatan dari bahan alami tersebut. Ciri khas produk Batik Daon Jajar, cukup menarik peminat karena keunikan bahan baku dan proses pewarnaan yang memanfaatkan pigmen warna tumbuhan yang ramah lingkungan.

 “Cara pembuatannya sangat menarik. Selain itu juga batik ini memiliki motif yang unik, dan eksklusif. Yang seperti ini, belum ada di Kota Bontang,” ujar Mega, salah satu pengunjung yang datang membeli beberapa produk eco-printing melalui rilis yang diterima inibalikpapan.

Pameran yang berlangsung selama lima hari ini, menjadi ajang promosi dan perkenalan bagi produk mitra binaan PT. Pertamina GAS Kalimantan Area kepada masyarakat Kota Bontang.

“Kami sangat bersyukur, CSR Pertamina Gas selalu memberikan dukungannya terhadap perkembangkan produk dari kelompok matahari,” ujar Syahida, ketua kelompok matahari yang ditemui sedang melayani pengunjung di stand expo Batik Daon Jajar.

“Kesempatan yang diberikan untuk berpartisipasi dalam Expo Khatulistiwa ini, juga, semakin meningkatkan semangat anggota kelompok untuk memasarkan produk dan menambah lagi keterampilan eco-printing, melihat banyak masyarakat Bontang yang tertarik dengan produk ini,”

Manager PR & CSR PT Pertamina Gas, Zainal Abidin, secara terpisah mengungkapkan “Ke depan, kita tentu berharap agar produk semakin di kenal berbagai pihak dan berkembang pesat.

Baca juga ini :  Pertamina Kalimantan Salurkan Bantuan Modal Bagi UMKM Senilai Rp 3,6 Miliar

Melalui pendampingan dan peningkatan kapasitas keterampilan Ecoprinting yang dilakukan CSR PT. Pertamina Gas, diharapkan akan muncul komunitas-komunitas baru serupa yang mampu menghasilkan karya seni ramah lingkungan dan bernilai ekonomi, untuk meminimalisir tingkat penggangguran di Kota Bontang.”

Kelompok matahari yang semula hanya sebagai ibu rumah tangga di Kelurahan Guntung, melalui program pemberdayaan CSR PT Pertamina Gas Kalimantan Area, saat ini sudah dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kemandirian anggotanya.

“Kalo biasanya kita ngumpul tidak produktif, hanya ngerumpi, dan tidak punya penghasilan, melalui eco-printing ini, sekarang jadi punya kegiatan yang menambah pemasukan, mengasah keterampilan, sekaligus membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan.” Tutur Evi, salah satu anggota kelompok matahari.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.