Nasi Kuning Julak, Iwak Haruan Jadi Pembeda

KAMPUNG TIMUR,  Inibalikpapan.com — Nasi kuning, sudah tidak asing bagi warga Kota Minyak. Kuliner yang biasanya dijual pada pagi hari, sekarang ini sudah ada yang menjual pada malam hari.

Salah satu nasi kuning yang digemari warga Kota Minyak yakni nasi kuning Julak Iwak Haruan yang terletak di Jalan Indrakila, Kampung Timur, Balikpapan Utara.Dengan ikan haruan atau yang disebut dengan bahasa Banjar iwak haruan.

Pemilik usaha nasi kuning iwak haruan Muhammad Hilmansyah menuturkan, dirinya menjual nasi kuning iwak haruan ini karena permintaan masyarakat nasi kuning iwak haruan ini cukup tinggi. Sebab nasi kuning khas daerah Banjar ini dinilai identik dengan iwak haruan.

“Dulu kalau mau makan nasi kuning iwak haruan susah betul, padahal nasi kuning Banjar itu identik dengan ikan haruan. Jadi ya kita buka dengan iwak haruan dan alhamdulillah banyak peminatnya,” katanya yang belum lama menempati toko semi permanen di bilangan Kampung Timur ini.

Lantaran banyak peminatnya nasi kuning julak iwak haruan menjadi magnet bagi pelaku usaha nasi kuning lainnya. Alhasil banyak dari mereka juga membuka jenis usaha serupa.

“Sekarang setelah kita buka banyak juga yang jual nasi kuning ikan haruan. Ini artinya banyak yang suka haruan. Namun yang asli dengan cita rasa Banjar,” akunya.

Bahkan Hilman yang sehari-hari berdinas sebagai jurnalis Metro Tv ini, warungnya mendapat kunjungan dari Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud pada Minggu jelang siang (7/7). 

Ditengah padatnya kegiatan akhir pekan,  Rahmad Mas’ud (RMD)  menyempatkan makan nasi kuning bersama ajudan dan jurnalis Balikpapan.

“Ayo yang mau gabung silakan ditunggu, ” katanya dalam komunikasi di grup wa jurnalis Balikpapan.

Baca juga ini :  Begini Cara Cek Ketersediaan Stok Obat di Apotek

Wakil Wali Kota yang juga Ketua Golkar Balikpapan ini menyantap habis satu porsi nasi kuning dengan lauk ikan haruan dan telur. Sambil berbincang dengan jurnalis tidak terasa Wawali berada di warung selama kurang lebih 1 jam. 

RMD bahkan menyempatkan foto selfie dan foto bersama dengan jurnalis dan pemilik usaha kuliner yang telah masuk dalam Go Food ini.

Sebelumnya beberapa hari lalu, jurnalis perempuan juga menyempatkan makan bersama di warung Nasi Kuning Julak Ikan Haruan.

Harga nasi kuning julak ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 per porsi. Tak hanya iwak haruan, ada juga lauk ayam, daging dan telur ayam. Nasi kuning julak juga menjual lontong sayur.

Menurut Hilman, nasi kuning miliknya menggunakan resep turun temurun dari nenek moyangnya. Sehingga cita rasa yang khas dan sajian yang tradisional membuat nasi kuning julak banyak diminati warga. Bahkan nasi kuning julak ini menjadi langganan tamu hotel berbintang.

“Kita berani klaim hanya ada di naskun julak. Karena resep yang digunakan turun temurun dari buyut di Banjar
Iwak haruan sendiri berkhasiat bagus untuk kulit terutama masa penyembuhan habis melahirkan dan operasi serta luka. Banyak juga langganan kami tamu hotel berbintang yang beli,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.