Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa di dampingi istri Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati meninjau Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Sheld Tahun 2022 di Amborawang

Panglima TNI Tinjau Latihan Bersama US Army di Amborawang Kukar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa didampingi istrinya, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati meninjau Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Sheld Tahun 2022 di Amborawang Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar), Jumat (05/08/2022).

“Saya baru saja meninjau kompi yang melaksanakan latihan bersama di Amborawang ,sama seperti tahun lalu kekuatannya sama satu kompi dari US Army, satu kompi dari Indonesia,” ujarnya kepada awak media.

Dia mengatakan, personil yang ikut dalam latihan bersama kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Termasuk dari Amerika Serikat. Dimana seluruhnya ada sebanyak 479 personil TNI dan US Army.

“Berbeda kalau tahun lalu dari Batalyon sini, kali ini dari Batalyon 623 yang ada di Banjarmasdin, termasuk yang di US Army tahun lalu  Batalyon 121, sekarang Batalyon  235 ,” ujarnya

 Dia melihat sudah menyatu antara TNI dan US Army. Meskipun baru beberapa hari menggelar latihan bersama. Harapannya, hingga hari terakhir bisa terjalin kerja sama yang baik dalam latihan.

“Kita masih ada 9 hari. Sehingga saya yakin di hari ke-9 (terakhir) tujuan utama kita yaitu membuat interakhir networking dari kedua kompi ini akan semakin dekat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, latihan diawali dengan teori selama empat hari. Termasuk memperkenalkan tekhologi yang digunakan TNI maupun US Army. Meskipun, latihan tidak menggunakan peluru tajam.

“Untuk membuat latihan realistis walaupun pelurunya bukan peluru tajam, peluru hampa. Tapi ini sudah merupakan komputer kalau senjata nembak dan orangnya kena dia akan memberikan tanda , bunyi maupun lampu. Kenanya pun spesifik di tangan atau di dada, atau perut,” ujarnya

Dia menambahkan, dalam latihan tersebut, keduanya sama-sama belajar tekhnologi yang digunakan. “Satu sam lain kita belajar. Termasuk tekhnologi yang dimiliki kedua belah pihak,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.