Presiden Partai Buruh Said Iqbal memberikan keterangan dalam agenda Rakernas partai tersebut di Hotel Ciputra pada Senin (16/1/2023). [Suara.com/Yosea Arga]

Partai Buruh Targetkan Raih 30 Kursi DPR Pada Pemilu 2024

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebagai salah satu peserta Pemilu 2024, Partai Buruh menargetkan meraih 30 kursi DPR RI. Termasuk kursi DPRD Provinsi dan Kabupaten.

Hal itu disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam Rakernas yang berlangsung di Hotel Ciputra, Jakarta Barat (Jakbar) pada Senin (16/1/2023) hari ini.

Dia mengungkapkan, Target minimal 20 kursi di DPR RI itu meluputi wilayah Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau dengan rincian 1 kursi.

Kemudian, untuk wilayah DKI Jakarta, Partai Buruh menargetkan mendapat dua kursi. Untuk wilayah Jawa Barat ditargetkan mendapat tujuh kursi, Jawa Timur dan Banten tiga kursi, serta Maluku dan Maluku Utara satu kursi.

“Target kursi DPR RI adalah 20 kursi minimal dan 30 kursi maksimal,” kata Said Iqbal.

Said menambahkan, target 10 kursi sebagai target maksimal 30 kursi yang dapat direbut berasal dari wilayah Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Tengah, dan Papua Pegununungan. Kemudian untuk wilayah Jawa Barat ditargetkan mendapat dua kursi.

“Itu lah dapil-dapil yang akan direbut Partai Buruh,” beber Said.

artai Buruh menargetkan mendapat empat persen total suara untuk tingkat nasional atau enam sampai tujuh juta suara. Target jumlah suara itu akan direbut Partai Buruh di lima provinsi yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau.

Untuk wilayah Jawa Barat, Partai Buruh menargetkan mendapat dua sampai tiga juta suara sah. Sebab, jumlah buruh yang berserikat di Jawa Barat mencapai 10 juta massa — dan jika ditotal dengan anggota keluarga mencapai 20 juta massa.

“Kami menargetkan 4 persen dari total suara sah nasional bisa diraih oleh Partai Buruh, yaitu kurang lebih 6 sampai 7 juta suara, di basis 5 provinsi basis buruh dan petani,” katanya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.