Home / IniEKONOMI / Pekan Depan APBD P 2016 Disahkan, Pemkot Kembali Tagih DBH Rp52 Miliar

Pekan Depan APBD P 2016 Disahkan, Pemkot Kembali Tagih DBH Rp52 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Untuk kesekian kalinya, Pemerintah kota Balikpapan dan DPRD menagih janji Kementerian Keuangan RI terkait belum cairnya dana kurang salur Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp52 miliar. Padahal dijanjikan akan diberikan pada akhir Oktober 2016 ini.

Direncanakan pekan depan, pemkot dan DPRD akan mengesahkan APBD P 2016 akan mengesahkan keuangan daerah.

Walikota Rizal Effendi mengatakan dana itu untuk menutupi kekurangan defisit APBD perubahan 2016 yang sebesar Rp41 miliar yang sebelumnya mencapai Rp577 miliar. Karena itu pihaknya akan mengirim Asisiten II Sri Soetantinah bersama DPRD ke Kementerian Keuangan.

” Besok kita akan kirim utusan ke Jakarta ibu Sutantin dan dua orang dari DPRD menagih dana kurang salur ke Kementerian Keuangan. Kekurangan defisit kita sekarang tinggal Rp41 miliar sekalian juga ke LKPP, ” kata Walikota Rizal Effendi usai rapat pembahasan anggaran didampingi Wakil Walikota Rahmad Mas’ud, Sekda Sayid MN Fadli, Asisten III Chaedar dan Kepala BPKAD Madram Muchyar bersama Ketua DPRD Abdulloh dan Pimpinan DPRD Balikpapan, Komisi DPRD di ruang Ketua DPRD, Kamis sore (27/10).

Rizal juga mengatakan tim yang dikirim ke pusat juga akan melakukan konsultasi ke LKPP pusat sehubungan dengan rencana pemkot melakukan adendum fisik bagi kontraktor yang mengerjakan proyek pemkot di 2016 ini.

“Kita ke LKPP untuk antisipasi terkait keluhan teman-teman kontraktorkan yang meminta segera dibayarkan karena mereka juga situasi lagi berat,” katanya.

Dalam pertemuan sudah ada beberapa kesamaan pemkot dengan DPRD dalam hal APBD P 2016 ini. “ Kita tinggal tunggu kepastian besok kita kirim Assisten II 2 dan DPRD ke Jakarta,” ujarnya.

Terkait soal bantuan provinsi Kaltim pada APBD perubahan 2006 ini, Rizal mengaku belum mengetahui secara persis besarannya walaupun sudah mendengar akan memperoleh anggaran.

Bantuan provinsi tidak terlalu pengaruh buat kita kan jelas peruntukannya.kita belum tahu berapa angkanya BIC dan stadion. Katanya stadion Rp20 tapi nanti kita cek ,” tukasnya.

Anggota badan anggaran DPRD Kota Syukri Wahid memerkirakan besaran APBDP 2016 sekitar Rp2,8 triliun. “Pekan depan kalau nggak Selasa atau Rabu disahkan,” ujarnya.

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Quartararo Juara, Yamaha Pimpinan Klasemen MotoGP 2020

KALTIM, Inibalikpapan.com — Tim Yamaha mampu membuktikan keunggulan di sirkuit Catalunya dalam MotoGP 2020.Fabio Quartararo. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.