Baznas Kota saat pengumpulan ZIS di lingkungan pemerintah kota pada Jumat (1/7/2016)

Pelemahan Ekonomi, Perolehan Zakat Turun Hingga 40 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Agama Kota Balikpapan mencatat perolehan zakat fitrah, Infaq dan Sedakah pada tahun 2015 lalu atau 1436 Hijriyah mencapai Rp32 miliar lebih dengan jumlah pemberi zakat Fitrah sebanyak 500 ribu orang lebih.

“Kita berharap tahun ini ada peningkatan ya 5 persen dari Rp32 miliar jadi Rp34 miliar.mudah-mudahan ini tercapai,” kata Kasubag TU Kementerian Agam RI kota Balikpapan Alfi Taufik (2/7/2016).

Kemenag Kota pada Kamis lalu (30/6) telah mengumpulkan seluruh lembaga amil zakat se kota Balikpapan.” Mereka melaporkan hampir seluruhnya mengalami penurunan perolahan ZISnya sampai hari 30 Juni lalu. Dari perolehan ya yang biasanya target Rp2 miliar hanya dapat Rp700 juta,” terang Alfi Taufik (2/7/2016).

Menurutnya ada kecendrungan terjadi penurunan perolahan ZIS oleh seluruh Badan Amil Zakat antara 30-40 Persen.
“Penyebab ya lemahnya ekonomi, banyak PHK sehingga target naik 5 persen kita sepertinya belum bisa pastikan tapi mudah-mudahan bisa capai,” katanya.

Sementara untuk pendistribusian pengumpulan ZIS yang dilakukan 431 masjid dan musola di Balikpapan, kata Alfi hampir seluruhnya dibagikan pada malam takbiran. “Cuma kita himbau jangan terlalu malam biar dapat digunakan oleh penerima,” tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ini Alasan KPU Balikpapan Masih Simpan Jutaan Surat Suara Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.