Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Bentuk Tim, Untuk Memastikan Keterlibatan Masyarakat
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Pemkot Balikpapan Bentuk Tim, Untuk Memastikan Keterlibatan Masyarakat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Balikpapan pasca dipilihnya Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, dampak positif bagi ekonomi masyarakat. Khususnya keterlibatan pengusaha lokal ataupun UMKM.

“Tentu harapan kita masyarakat Balikpapan mendapat manfaat dari rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim.  Jadi jangan sampai ada yang merasa tidak pernah diajak,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Pemerintah Kota Balikpapan pun berencana membentuk tim yang akan memastikan keterlibatan masyarakat lokal. Tim tersebut, terdiri dari berbagai lapisan masyarakat maupun berbagai instansi, pelaku usaha, berbagai profesi hingga tokoh masyarakat.

“Yang akan terlibat diantaranya untuk dewan penasehatnya berasal Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ujarnya

“Lalu, untuk dewan utamanya terdiri dari pimpinan Bank Indonesia, Kadin serta para praktisi seperti arsitek, praktisi hukum dan dokter,”

Nanti tim tersebut lanjutnya, akan menjadi wadah untuk diskusi maupun memberikan masukan terkait peluang bagi masyarakat maupun pelaku usaha dalam meningkatkan ekonomi. Sehingga warga Kaltim, khususnya Balikpapan tidak hanya menjadi penontong.

“Ini akan menjadi wadah berdiskusi untuk memberikan masukan terkait peluang yang akan dimanfaatkan dalam rencana pemindahan Ibu Kota Negara,” ujarnya

“Seperti apa yang harus kita lakukan temen temen dari dari ekonomi kreatif menyangkut bagaimana peluang UMKM atau teman-teman dari bidang transportasi untuk memanfaatkan peluang ini,” ujarnya.

Rizal pun menargetkan, paling lama bulan depan tim  sudah terbentuk. Sehingga sudah bisa bekerja menyimbang pemikiran yang positif. Riza akan mengundang sejumlah pihak untuk penyusunan tim.  Sehingga benar-benar dari berbagai lapisan masyarakat.

“Tim ini akan dibentuk segera mungkin dalam bulan ini, kita akan undang masing-masing. Dan kedepan nanti, kita rutin mungkin sebulan sekali bertemu untuk membahas semuanya,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

12 Kelurahan Masuk Kawasan Pemukiman Kumuh di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 12 kelurahan di Kota Balikpapan wilayahnya sebagian merupakan pemukiman kumuh. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.