Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud

Peringati Kemerdekaan RI, Pemkot Izinkan Masyarakat Gelar Peringatan di Wilayah Masing-masing

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengizinkan adanya perayaan Kemerdekaan RI tahun ini meskipun masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Hanya saja keramaian yang jumlahnya mencapai ribuan sebaiknya dihindari.

Salah satunya Pemkot Balikpapan akan menggelar upacara Hari Kemerdekaan di lapangan Merdeka pada 17 Agustus mebdatang. Selebihnya kegiatan diperkenankan dimasing-masing tempat tinggal atau kelurahan.

Selain itu, seperti tahun sebelumnya, masyarakat juga diminta mengibarkan merah putih di rumah masing-masing. Euforia perayaan kemerdekaan 17 Agustus 2022, pemkot bahkan mengadakan lomba gapura terbaik di semua kelurahan.

“Kami menghibau masyarakat untuk  mengibarkan merah putih di rumah masing-masing seperti tahun lalu. Temasuk kegiatan di masyarakat bahkan akan ada perlombaan gapura terbaik disemua kelurahan di Balikpapan. Ada hadiah dari pemerintah yang terbaik,” ujar Wali Kota Rahmad Mas’ud usai rapat muspida kota persiapan Hari Kemerdekaan RI, Selasa (26/7/2022).

Rahmad berharap momentum ini dapat disambut baik masyarakat dengan pelonggaran ini, masyarakat dapat berpartisipasi memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

“Pengawasan ya kita kan ada pelonggaran. Kalau diatas 1000 orang harus izin pemerintah pusat kalau dibawah itu saya pikir di kampung-kampung gak mungkin ada 1000 orang. Makanya dibagi-bagi setiap kampung tidak terfokus disalah satu titik,” jelasnya.

“Jadi kegiatan dimasing-masing kampung seperti lalu ya dibolehkan. Kalau lapangan merdeka dipakai untuk kegiatan upacara saja. Panjat pinang lebih bagus didaerah masing-masing di kelurahan ya,” tambahnya.

kebijakan maupun imbauan Pemerintah Pusat terkait kegiatan Hari Kemerdekaan,” kata beliau

Dari rapat juga diputuskan bahwa upacara Hari Kemerdekaan dilaksanakan di Lapangan Merdeka dengan jumlah terbatas.

“Peserta tidak lebih dari seribu orang. Kita harus tetap membatasi dan melaksanakan protokol kesehatan,” jelasnya.

Baca juga ini :  "Bayangan Sendiri" oleh Dewa Putu Sudarma Service Departemen Head SAMS Balikpapan

Di samping itu, Pemerintah Pusat menghimbau untuk mengibarkan bendera di peringatan HUT RI.

“Himbauan Pemerintah Pusat pengibaran 10 juta bendera merah putih di seluruh Indonesia. Saya mengajak masyarakat berpartisipasi juga,” ajaknya.

Dalam peringatan HUT RI, Pemerintah Kota Balikpapan juga memperbolehkan masyarakat yang ingin menggelar kegiatan di RTnya karena jumlahnya tidak besar.

Pemerintah Kota Balikpapan juga berencana mengadakan lomba gapura untuk diikuti masyarakat Kota Balikpapan.

“Saya berharap, momentum ini kita sambut dan manfaatkan dengan baik. Terlebih karena adanya kelonggaran, sehingga kita bisa berpartisipasi mensukseskan hari kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Kendati begitu, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan di kampung-kampung kan biasanya diikuti tidak lebih dari 1.000 orang. Jadi bisa tiap kampung mengadakan agar tidak terpusat kegiatan di satu lokasi,” akunya.

Seperti diketahui setiap upacara 17 Agustus digelar dua kali, yakni upacara detik-detik proklamasi di pagi hari dan penurunan bendera pada sore hari. Upacara biasanya akan dihadiri oleh tamu undangan yang berasal dari negara sahabat, pejabat negara hingga masyarakat umum.

Bahkan dalam waktu beberapa tahun terakhir, upacara 17 Agustus digelar dengan menggunakan pakaian tradisional dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Comments

comments

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.