Home / IniEKONOMI / Pertamina Kalimantan Sosialisasi Program Kemitraan
Sosialisasi yang dilakukan Pertamina Kalimantan di Plaza Balikpapan

Pertamina Kalimantan Sosialisasi Program Kemitraan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan melaksanakan roadshow sosialisasi program kemitraan Pertamina bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) DPC Balikpapan.

Roadshow Pertamina merupakan satu dari rangkaian acara yang telah berlangsung sejak tanggal 10 Februari 2020. Sosialisasi disampaikan Perwakilan Pertamina MOR VI  Silvani Maiyestuhariani, Officer CSR & SMEPP, bertepatan dengan HUT IWAPI ke 45 di Plaza Balikpapan.

Dalam rilis yang diterima inibalikpapan, Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth Marchelino Verieza mengatakan, selama ini Pertamina dan IWAPI Balikpapan telah terjalin kerjasama, kare amerupakan mkitra binaan.

“Mulai dari sektor usaha jasa hingga industri kreatif dan Food & Beverages,” ujarnya.

Pertamina menjadi BUMN pertama yang bekerjasama dalam upaya peningkatan usaha dan pemberdayaan UMKM melalui IWAPI Balikpapan. Terlihat antusias yang tinggi dari anggota IWAPI Balikpapan untuk menjadi mitra binaan Pertamina.

 “ Tahun ini total Rp 12 miliar Pertamina MOR VI siapkan untuk membantu UMKM mengembangkan usahanya,” ujarnya.

“Sejak tahun 1993, Pertamina telah menjaring 3.450 UMKM se-Kalimantan untuk menjadi mitra binaan. Keuntungan menjadi mitra binaan Pertamina sangat banyak, selain bantuan dana usaha bergulir tetapi juga kesempatan untuk berpartisipasi, ”

Menjadi mitraan binaan Pertamina cukup mudah yaitu usaha harus milik WNI, total penjualan pertahun maksimum Rp 2,5 milyar, kekayaan bersih maksimum Rp 500 juta, usaha sudah berjalan minimum 6 bulan dan punya potensi berkembang.

Usaha milik sendiri (bukan anak perusahaan atau berafiliasi dengan usaha besar), dan badan usaha merupakan perseroan dan tidak berbadan hukum belum memenuhi persyaratan perbankan. Setelah syarat telah dipenuhi, tim dari Pertamina akan melakukan survey untuk dinilai mengenai kelayakan diberikan dana usaha bergulir atau tidak. Jika disetujui maka akan dilanjutkan dengan tanda-tangan kontrak.

Dana usaha bergulir dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan dari calon mitra binaan dengan jasa administrasi 3% yang benefitnya akan diterima kembali oleh penerima manfaat berupa pelatihan dan keikutsertaan dalam pameran.

“Jasa administrasi itu digunakan untuk biaya pembinaan mitra seperti pelatihan dan keikusertaan mitra dalam pameran dalam dan luar negeri. Bagi warga Kalimantan Timur yang berminat menjadi mitra binaan Pertamina disilakan untuk dapat mengunjungi Rumah Kreatif BUMN di SPBU Sepinggan Balikpapan atau mengirim email ke silvani.m@pertamina.com,” ujarnya

Comments

comments

About glen

Check Also

3 Kasus Transmisi Lokal Tak Menaikkan 1 Persen Grafik RO Covid-19 Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus transmisi lokal penularan covid-19 di Kota Balikpapan bertambah 3 kasus hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.