Isran Noor

Pre Summit Y20 Digelar di Balikpapan Agar Delegasi Bisa Melihat Langsung IKN Nusantara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim rupanya menjadi isu global. Karena mengusung lima konsep yakni smart workplace, smart living, smart mobility dan transportation, smart nature preservation dan smart transformation of nation and culture.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, digelarnya Pre Summit  Y20 agar delegasi dari berbagai negara bisa melihat langsung kawasan yang menjadi IKN Nusantara yang luasannya mencapai 621 hektar.

“Salah satunya kenapa jadi disini (Balikpapan), supaya nanti ada delegasi yang mau kesana melihat, apakah disana itu IKN akan merusak lingkungan atau tidak,” ujar Isran Noor kepada awak media, Sabtu (21/05/2022).

Isran Noor mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan maupun bangunan dari total lahan yang masuk kawasan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) itu hanya sekitar 5 persen.

“Dalam rencana pembangunan itu kan, lahan itu kan pasti tidak akan diganggu kawasan hutannya, karena kawasannya itu berada disekitar 256 ribu bahkan sampai mencapai 621 ribu hektar,” bebernya.

“Dan itu hanya kurang dari sekitar 5 persen yang bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan gedung-gedung,”

IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city (kota pintar), kota modern berkelanjutan, serta memiliki standar internasional sehingga menjadi contoh bagi pembangunan kota-kota lain di Indonesia. 

IKN Nusantara nantinya akan memiliki 70% area hijau, 80% transportasi publik, dan pengurangan suhu 2 derajat. IKN akan menjadi kota inklusif, terbuka, dan ramah bagi seluruh kalangan masyarakat untuk hidup berdampingan.

“Jalan, jalan kan akan berada disebagian besar dibawah permukaan untuk tidak mengganggu permukaan lahan yang ditumbuhi oleh tanaman-tanaman,” tandasnya.

Dalam sambutan berbahasa Inggris, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi dan memuji Balikpapan sebagai kota yang paling dicintai karena konsisten untuk menjaga lingkungan dengan sejumlah prestasi.Seperti meraih Adipura tingkat ASEAN.

Baca juga ini :  Bawaslu Tegaskan Pasien Covid-19 Tetap Punya Hak Mencoblos

Menteri Siti Nurbaya juga berharap pemuda Indonesia dapat menjadi pemuda penggerak dalam hal apapun baik lingkungan maupun ekonomi.

” Pemuda harus aktif dalam menjaga lingkungan, turut serta dalam upaya pemulihan ekonomi. Menjadi agent of change atau penggerak perubahan,” ajaknya.

Rencana kegiatan Pre Summit Y20 pada Minggu pagi hingga siang akan digelar pembahasan mengenai isu-isu penting seperti tenaga kerja muda, transformasi digital, ekosistem berkelanjutan dan juga masalah keberagaman.

Delegasi juga direncanakan akan meninjau dan melakukan penanaman mangrove di Margo Mulyo serta mengunjungi Kebun Raya Balikpapan, Minggu (22/5/2022).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.