Pre Summit Y20, Pemkot Beri Apresiasi Para Delegasi

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebagai tuan rumah dari kegiatan Pre Summit Y20 tahun 2022 ini, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi atas kedatangan para delegasi.


Hadir dalam kegiatan Pre Summit Y20 tersebut perwakilan Pemda Kaltim, Co-Chair Y20 Indonesia, Delegasi, Guest Observer, Indonesian Youth Diplomacy Local Chapter Kaltim, Sumsel, NTB dan kota tuan rumah selanjutnya Papua Barat. 

“Sebagai bagian dari Kepresidenan G-20, Pre Summit Y20 berfokus pada isu-isu yang penting bagi masa depan dari perspektif kaum muda. Kami yakin kehadiran KTT ini akan memberikan kontribusi sebagai output dari forum Y20, rekomendasi kebijakan yang dirumuskan oleh delegasi pemuda dari negara-negara G-20 akan dibahas dalam forum resmi para kepala G-20 nanti,” ujar Staf Ahli Pemkot Balikpapan Doortje Marpaung mewakili Wali Kota Balikpapan, Minggu malam (22/5/2022).

Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan, seperti diketahui bahwa isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi salah satu tema besar Pre Summit Y20 di Kalimantan Timur yang telah kami selenggarakan pada tanggal 21 dan 22 Mei 2022 menjadi isu yang paling dekat. 

“Bagi kami benar-benar merasa terhormat memiliki Anda semua di sini.4 bidang prioritas pada 3rd Pre-Summit Y20 Indonesia yaitu lapangan kerja bagi kaum muda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni,” akunya.

Serta keragaman dan inklusi yang diselenggarakan dengan baik oleh Y20 sebagai wadah bagi pemuda dari negara-negara G20 sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran isu global, bertukar pikiran, bernegosiasi, dan melibatkan peran pemuda lokal kita yaitu Indonesian Youth Diplomacy, Local Chapter Kalimantan Timur. 

Diketahui, pra-KTT ini digelar secara hybrid dan melibatkan pemuda dari 19 negara dan 1 Uni Eropa yang berdiskusi & berdialog dengan 100 peserta town hall terpilih dari seluruh pulau Kalimantan.

Baca juga ini :  AMSI Kaltim Terima Bantuan Suplemen Pyridam Farma

Ditunjuknya kota Balikpapan sebagai host city ke-3 Pre-Summit Y20 juga bukan tanpa alasan. Pada tahun 2021, Kota Balikpapan kita mendapatkan penghargaan sebagai kota berkelanjutan dalam bidang lingkungan di tingkat Asia Tenggara. 

“Pada isu prioritas Y20 Indonesia telah memberikan kesempatan kepada kaum muda yang kami sapa sebagai peserta balai kota untuk melanjutkan isu warisan ini untuk membahas aksi nyata dalam menyelesaikan permasalahan bumi, dengan keterlibatan mereka dalam membahas 2 topik utama yaitu menjaga modal alam dan ekonomi sirkular berdasarkan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan,” jelasnya.

“Melalui Focus Group Discussion & Town Hall Meeting, seratus anak muda terpilih dari Pulau Kalimantan telah berpartisipasi dalam menyampaikan ide dan aspirasi terkait isu-isu planet yang berkelanjutan dan layak huni,” imbuhnya.

Selama dua hari ini kami sebagai tuan rumah senang sekali kedatangan anda semua dan semoga dengan city tour hari ini yang melibatkan para VIP dan delegasi untuk penanaman mangrove di mangrove margo mulyo dan wisata sungai di mangrove graha indah, dan tidak lupa perjalanan ke Peserta Kebun Raya Balikpapan untuk Town Hall pasti akan memberikan pengalaman yang membuka mata untuk melihat bagaimana kota Balikpapan mengembangkan masyarakat, sumber daya alam dan ekonominya tanpa meninggalkan siapa pun.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan terus menerus demi suksesnya 3rd Pre-Summit Y20 Indonesia di Balikpapan,” akunya.

“Semoga semua hal baik menimpa kita, dan mengubah pertemuan ini menjadi kolaborasi yang lebih kuat. Pulihkan Bersama, Pulihkan Lebih Kuat,” pungkasnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.