Rapat terbatas terkait Ibu Kota Negara Nusantara yang dipimpin Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi Perkirakan Puncak Kasus COVID-19 akan Terjadi Bulan Ini


BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Puncak kasus COVID-19 dipresidksi akan terjadi bulan ini, setelah adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka rapat evaluasi PPKM di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/7/2022).

“Kembali kita akan mengevaluasi kebijakan PPKM yang kita tahu kasus per 3 Juli kemarin ada sebanyak 1.614 kasus dan diprediksi puncak kasusnya akan berada di bulan Juli ini, di minggu kedua atau minggu ketiga,” kata Jokowi dilansir dari suara.com

Menteri Kesehatan (Mekes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, kenaikan kasus akibat penyebaran varian BA.4 dan BA.5 itu hampir terjadi di seluruh dunia.

Hal tersebut disebabkan lantaran kurang waspada dari beberapa negara dan terlalu terburu-buru mengendorkan protokol kesehatan (prokes) serta tidak maskimalnya vaksinasi.

Menkes mengklaimdi Indonesia jauh lebih terkendali karena masyarakat disiplin dengan prokes. Karena, Budi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan prokes.

“Karena relatif para masyarakat Indonesia itu lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan juga dalam melaksanakan vaksinasi,” kata Budi dalam konferensi pers.

“Yaitu tetap menggunakan masker kalau di dalam ruangan, kalau ada kerumunan atau kondisi badan kita kesehatan dan kita bebas untuk tidak menggunakan masker kalau di ruangan terbuka itu memang konsisten kita jalankan.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Ini Upaya Pemerintah Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.