Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar bersama Gubernur Kaltim Isran Noor di saat berada di Lokasi Calon Ibu Kota Negara / Pemprov Kaltim

Progresnya Sudah 50 Persen, Bendungan IKN Rampung Akhir Tahun

PENAJAM, Inibalikpapan.com – Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi penunjang air bersih di Ibu Kota Negara (IKN) Baru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan rampung akhir tahun.

Demikian disampaikan Gubernur Isran Noor disela-sela mendampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa meninjau kembalio IKN Kamis kemarin.

“Melihat perkembangannya tadi bagus. Ya sudah 40-50 persen progresnya. Dan ditarget rampung akhir 2021 ini,” ujarnya

Dia mengatakan, Bendungan Sepaku Semoi juga nantinya tak hanya melayani IKN namun juga Kota Balikpapan. Karena selama ini wilayah yang berbatasan langsung dengan lokasi IKN itu kerap kekurangan air baku saat musim kemarau.

Karena selama ini Kota Balikpapan hanya mengandalkan Waduk Teritip, Waduk Manggar dan sumur-sumur dalam sebagai sumber air baku. Sehingga ketika musim kemarau, PDAM setempat kesulitan mencari sumber air baku.

“Selain itu bendungan ini juga berfungsi untuk mengendalikan banjir di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Tengin dan juga fungsi pariwisata,” ujarnya

Bendungan Sepaku Semoi merupakan proyek Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bendungan ini akan dipakai untuk menahan air dengan debit lebih kurang 10 juta meter kubik, dengan volume efektif bersihnya 6 juta meter kubik.

“Bendungan ini nantinya sebagai pendukung sarana pemenuhan air bersih untuk kebutuhan air di wilayah IKN yang diharapakan dapat terus berprogres dengan baik seiring dengan persiapan Ibu Kota Negara Baru kedepan ” ujar Suharso Manoarfa (Pemprov Kaltim)

Comments

comments

Baca juga ini :  Gubernur Kaltim : Pokoknya Siapa yang Bikin Surat Keterangan PCR Palsu Tangkap

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.