Raih WTP ke 3, Audit BPK Temukan 538 Kasus dalam Penggunaan APBD 2015

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah kota untuk kali tiga meraih predikat penilaian BPK atas pengelolaan APBD 2015 dengan wajar tanpa pengecualian (WTP). Dari hasil audit itu, terdapat 538 temuan.

“Dari jumlah itu bisa segeraa tindaklanju 520 temuan hanya 2 persen lebih . kita diberikan waktu 60 hari mulai 28 mei untuk diselesaikan. Sisa temuan itu bisa kita selesaikan,” ungkap Walikota Rizal Effendi tanpa menyebutkan kasus perkasus.

Hasil raihan WTP ini kata Rizal membanggakan dan mengucapkan terimakasih kepada SKPD atas hasil ini. Menurutnya bukan hal mudah karena pelaporan berat dan pemeriksaan dengan suasana berbeda yang menggunakan sistem acrual bukan lagi cash basic.

“Walupun sudah WTP 3 kali saya mohon SKPD yang ada temuan belum selesai ditindaklanjuti dengan Inspektorat dan saya mohon pencatatan di 2016 betul-betul dilakukan sistem acrual,” tandasnya.

Diakui Rizal pihaknya juga diingatkan oleh akuntan publik dan BPK agar pemerintah kota melalui SKPD benar-benar menggunakan pengelolaan anggaran dengan basis acrual. “Sekarang ini baru BLUD, BPKAD yang lain pencatatan masih lalu baru disesuaikan di ajjusdment,” ungkapnya.

Karena itu tahun depan, seluruh SKPD di lingkungan pemerintah kota akan menggunakan basis acrual. “ Kita tidak lagi diberikan kebijaksaan sudah harus total berubah pakai acrual,” tandasnya.

Melalui Sekda juga sudah menyiapkan dan meminta BPK, BPKP agar kepala dinas diberikan pelatihan memamahi sistem acrual. “Memang kita masih pakai dua sistem, BPK minta agar diagabungkan supaya betul-betul pencatatan mudah. Kita juga diminata BPK pencatatan elektronik agar BPK lebih mudah membantu melihat kalau ada hal-hal terjadi dilapangan,” tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Dewan Bentuk Pansus Telusuri Hasil Temuan BPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.