Home / iniHL / Raperda Ketenagakerjaan: Fokus Pelatihan dan Ketertiban Administrasi Tenaga Kerja
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Tirta Dewi

Raperda Ketenagakerjaan: Fokus Pelatihan dan Ketertiban Administrasi Tenaga Kerja

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ketenagakerjaan akan mengutamakan kearifan lokal dan pemberdayaan Angkatan Kerja Lokal (AKL).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Tirta Dewi menilai penyusunan raperda ketenagakerjaan ini sangat penting khususnya dalam meningkatkan skill tenaga kerja lokal dan bagaimana memperluas lapangan pekerjaan di Kota Balikpapan.

“Nantinya dalam penyusunan itu, bagaimana mencerdaskan tenaga kerja, juga bagaimana memperluas lapangan pekerjaan, kita muat di dalamnya,” ungkapnya usai menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Fraksi Raperda Ketenagakerjaan, Selasa (20/3/2018).

Tidak hanya itu, dalam penyusunan raperda nantinya juga mengatur Bagaimana pentingnya AK1 sebagai identitas pencari kerja digunakan oleh perusahaan maupun pemerintah sendiri.

“Dengan melihat AK1 itu akan diketahui berapa banyak pencari kerja di Balikpapan sehingga memudahkan untuk pembuatan program kedepannya” tegas Tirta.

Terkait dengan usulan DPRD menyangkut persoalan insentif, Tirta mengatakan tidak dapat dicampur dalam perda tersebut. “Ada peraturan perusahaan atau peraturan kerja, yang di dalamnya mengatur kepentingan kedua belah pihak sepanjang tidak pelanggar perundang-undangan di atasnya,” tandasnya.

Ia mencontohkan dalam persoalan PHK bukan hal mudah dalam pelaksanaan pemberian pesangon. Seperti salah satu hotel di Balikpapan yang mengalami pailit, untuk memberi pesangon saja sulit, apalagi pembayaran lainnya.

“Memang tidak terlalu berdampak pada Balikpapan terkait PHK dengan penurunan migas utamanya tambang batubara, karena Balikpapan yang merupakan supporting tambang, bukan penggaliannya,” tandasnya.

Namun demikian, dalam penyusunan raperda tersebut dtambahkannya akan meningkatkan skill tenaga kerja dengan pelatihan maupun pemagangan.

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

DPRD Tak Sepakat Diberlakukan Kembali Pembatasan, Minta Semua Sektor Usaha Dibuka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemerintah Kota tak memberlakukan pembatasan kembali. Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.